Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Ini 7 Bacaan Sholawat yang Mustajab untuk Diamalkan!

13 Februari 2023   13:00 Diperbarui: 13 Februari 2023   13:01 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Thirdman on Pexels

Salah satu amalan rutin yang sangat dianjurkan bagi umat Islam adalah membaca shalawat. Bersholawat merupakan ungkapan kecintaan kita kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.Β 

Selain itu, Shalawat memiliki beberapa kelebihan dan manfaat bagi umat Islam. Sholawat juga jadi sebuah bentuk ungkapan rasa syukur dan doa untuk mengharapkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT.Β 

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa kepada Nabi Muhammad SAW melalui firman-Nya dalam Al-Quran yang artinya seperti berikut ini:

Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat telah mengirim shalawat kepada Nabi SAW. Wahai orang-orang yang beriman, sampaikan shalawat kepada Nabi dan salam kepadanya" (QS. Al-Ahzab: 56)

Selain itu, dalam hadits, Nabi berdoa atau membantu orang yang membaca shalawat di hari akhir nanti. Itulah sebabnya, ada bacaan sholawat yang mustajab karena keutamaannya jika dilakukan secara rutin dan penuh keikhlasan. Β 

Bacaan Sholawat yang Mustajab

Berikut ini bacaan sholawat yang mustajab jika diamalkan secara rutin dan penuh keikhlasan hanya karena Allah SWT:

1. Sholawat Jibril

Artinya Semoga Allah SWT limpahkan shalawat pada junjungan Nabi Muhammad SAW dan semoga salam dari Allah SWT tercurah atasnya (Rasulullah SAW).

Sholawat Jibril merupakan salah satu macam sholawat yang jika diamalkan secara konsisten sampai 1000 kali dapat mendatangkan rezeki yang berkah bagi yang mengamalkannya. Diriwayatkan pula oleh Imam Asy-Sya'roni bahwa mengucapkan sholawat ini membuka 70 rahmat dari Allah SWT.

2. Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat Ibrahimiyah adalah macam-macam sholawat yang ma'tsur dari Nabi Muhammad SAW karena ada banyak Perawi dan Hadits yang meriwayatkan hadits bacaan sholawat ini. Seperti Hadits Riwayat Al-Bukhari berikut ini:

Barangsiapa yang membaca shalawat ini, maka aku bersaksi untuknya di hari kiamat dengan sebuah saksi dan akan memberinya syafa'at"

3. Sholawat Nabi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun