Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

6 Manfaat Metodologi Penelitian dalam Karya Ilmiah, Apa Saja Itu?

27 Januari 2023   10:50 Diperbarui: 27 Januari 2023   11:37 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam melaksanakan suatu kegiatan penelitian, setiap peneliti tentunya membutuhkan topik serta metodologi penelitian yang akan digunakan sesuai penelitian tersebut. Metodologi penelitian yang dipilih harus ditentukan sejak awal, guna mendukung kelancaran penelitian yang dilakukan.

Metode penelitian sendiri memiliki jenis yang beragam dan setiap peneliti dibebaskan untuk memilih metode mana yang akan digunakannya, yang sesuai dengan penelitiannya. Lalu, yang penting untuk diperhatikan adalah harus memperhatikan karakter penelitian yang dilakukan, karena pada jenis metode tertentu akan kurang cocok untuk data jenis tertentu.

Maka dari itu, memahami tentang metodologi penelitian, jenis metodologi penelitian, serta manfaat dari metodologi penelitian menjadi hal yang sangat penting. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui manfaat metodologi penelitian, berikut ini penjelasannya.

Manfaat Metodologi Penelitian

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Mempertajam hasil penelitian

Suatu penelitian yang mendalam dan tajam pasti membutuhkan sumber data yang cukup banyak. Bukan hanya banyak saja, tetapi juga sumber data yang digunakan harus berkualitas dan sesuai dengan topik permasalahan dalam penelitian.

Semakin tajam dan mendalam suatu penelitian, maka semakin detail dan kompleks pula penelitian yang dijalankan tersebut. Untuk bisa menghasilkan penelitian yang mendalam, maka diperlukan metodologi penelitian.

Dengan begitu, peneliti akan lebih mudah mengetahui hal dasar dari penelitian. Tanpa adanya metodologi penelitian, peneliti nantinya akan sulit untuk memulai melakukan riset, analisis, dan juga pengambilan kesimpulan.

2. Membuat alur penelitian menjadi jelas dan terarah

Kalau kamu menggunakan metodologi penelitian, maka penelitian kamu menjadi lebih jelas dan terarah. Peneliti akan lebih mudah nantinya dalam menyelesaikan penelitian, karena sudah mengetahui Langkah apa saja yang perlu untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Dengan memiliki alur penelitian yang jelas, maka penelitian yang dijalankan akan lebih terarah dan jelas, sehingga tidak melenceng kemana-mana. Dengan begitu, membaca hasil penelitian kamu juga akan lebih mudah untuk memahami hasil penelitian yang kamu sampaikan.

3. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat

Penelitian yang bermanfaat adalah suatu penelitian yang bisa memberikan solusi dari topik penelitian yang dikaji. Manfaat dari penelitian ini dapat dirasakan, baik oleh peneliti itu sendiri maupun oleh pembacanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun