Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mengenal 4 Perbahan Wujud Benda Gas, Berikut Sifat dan Contohnya!

17 September 2022   15:00 Diperbarui: 17 September 2022   15:07 341 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by ArtTower on pixabay

Perubahan  wujud benda gas dapat terjadi secara alami, buatan, atau artifisial. Perubahan tersebut dapat dicirikan sebagai perubahan fisika dan kimia yang mempengaruhi struktur unsur kimia yang terkandung dalam zat gas.

Dalam praktiknya perubahan wujud tersebut juga dipengaruhi oleh sifat benda gas. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan contoh perubahan wujud benda gas yang ada disekitar lingkunganmu dan berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. 

Perubahan Wujud Benda Gas

Benda gas merupakan bentuk atau wujud zat yang memiliki volume yang bentuknya berubah-ubah. sifat benda gas yang paling mudah kita kenali adalah sulitnya benda gas tersebut dilihat dan tidak bisa dipegang.

Hal itu lah yang membuat benda gas dapat mengalami perubahan wujud yang berbeda dengan benda padat dan cair. Berikut ini bentuk perubahan wujud benda gas yang bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengembun 

Mengembun adalah proses perubahan wujud benda  gas menjadi  cair. Proses perubahan ini dapat terjadi karena  perubahan tekanan kriogenik. Kamu dapat menemukan contoh perubahan benda gas akibat kondensasi. 

Contohnya di pagi hari ketika kamu menemukan daun tanaman basah oleh embun. Hal ini dapat terjadi karena udara di bawah lebih dingin daripada udara di atas pada malam hari. 

Akibatnya, sejumlah besar oksigen (O2) dilepaskan pada malam hari  dan  air (H2O) dihasilkan dalam bentuk titik-titik dan tetesan di permukaan daun. 

Transformasi gas-ke-cair ini adalah transformasi kimia yang mengubah unsur kimia oksigen menjadi air, tetapi transformasi unsur itu tidak jauh dan masih  turunan. 

2. Mengkristal 

Proses kristalisasi adalah perubahan wujud atau transformasi benda gas jadi bentuk benda yang lebih padat. Demikian pula, dalam perubahan dari kondensasi, kristalisasi juga disebabkan oleh perubahan suhu  rendah di udara yang mencapai permukaan. 

Kamu  menemukan contoh perubahan wujud benda ini di permukaan proses  salju dan tutup botol kosong, di mana noda air dan gumpalan muncul secara bertahap. Ini menunjukkan bahwa proses perubahan ini sangat dipengaruhi oleh kondisi suhu dan tekanan yang dialami benda gas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan