Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

7 Ragam Hias Flora yang Paling Mudah Ditemukan dan Dikenali!

31 Agustus 2022   14:15 Diperbarui: 31 Agustus 2022   14:16 485 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ragam hias flora menjadi motif serta bentuk yang paling banyak disukai oleh kebanyakan orang. Istilah flora digunakan karena motif hiasan yang digunakan merupakan pola yang terinspirasi dari tumbuhan, pepohonan, dan bunga. Ragam hias flora biasanya dikombinasikan dengan beberapa pola sekaligus supaya bisa menampilkan hiasan yang lebih cantik dan menarik.

Sebelum kamu melihat contoh dari ragam hias flora, kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ragam hias. Singkatnya, ragam hias merupakan sebuah karya seni yang bertujuan untuk menambahkan suatu keindahan pada sebuah benda, baik untuk hiasan maupun untuk benda fungsional.

Ragam hias flora, biasanya digunakan di beberapa media tertentu sebagai lukisan, ukiran, pahatan, maupun tenunan. Mungkin kamu juga sudah familiar dengan beberapa macam ragam flora yang ada pada beberapa media, terutama pada kain batik.

Sentuhan estetik dari pola bunga ataupun dedaunan selalu cocok untuk dijadikan sebagai pemanis atau dekorasi. Nah, kamu tinggal memilih berbagai macam ragam hias flora yang biasanya dibuat dengan pola-pola berikut ini.

Aneka Ragam Hias Flora

1. Ragam hias batik daun kecebong

Sumber: azzamaviero.com
Sumber: azzamaviero.com

Ragam hias flora pada batik ini menggambarkan ragam batik yang menggunakan corak daun kecebong. Daun kecebong sendiri biasanya tumbuh di wilayah perairan atau tepatnya di wilayah danau.

Bahkan, gambar motifnya tidak hanya menggunakan motif daun kecebong saja, tetapi biasanya digabungkan juga dengan jenis tumbuhan lainnya.

2. Ragam hias dedaunan

Sumber: bukalapak
Sumber: bukalapak

Selain motif bunga, motif daun juga menjadi salah satu contoh motif yang banyak disukai. Corak dedaunan dengan warna yang cerah biasanya mampu memberikan kesan yang ceria dan juga bahagia. Makanya, tidak heran kalau banyak kain batik yang mengandung unsur ragam hias dedaunan yang dibuat untuk pakaian.

Daun mempunyai warna yang cerah yang bisa memberikan kesan bagi pemakainya terlihat cerah dan senang. Batik dengan corak ini cocok untuk ke acara pesta karena bisa menyejukkan orang yang melihatnya.

3. Ragam hias bunga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan