Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

8 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

19 Agustus 2022   08:30 Diperbarui: 19 Agustus 2022   08:33 341 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Rachid Oucharia on Unsplash

Bagi pemeluk agama Islam, shalat adalah salah satu bentuk ibadah yang diwajibkan lima kali sehari. Selain nilai spiritual dan keintiman dengan Sang Pencipta, ternyata manfaat shalat juga baik untuk kesehatan. 

Baik kesehatan fisik atau kesehatan mental yang sangat kita butuhkan kestabilannya. Hal ini menunjukan bahwa kewajiban dasar bagi umat Islam ini juga  tidak menjadi beban. Karena dalam rukun shalat diperbolehkan shalat sambil  duduk atau berbaring.

Hal ini menunjukan berdiri jika mampu atau tidak memungkinkan karena keterbatasan fisik. Allah SWT tidak hanya menjanjikan manfaat ibadah shalat di akhirat, tetapi juga berkah dalam kehidupan kita didunia.

Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat gerakan sholat untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan jika dilakukan secara rutin dan khusyuk:

1. Meningkatkan Peredaran Darah 

Beberapa gerakan shalat telah terbukti  membantu meningkatkan peredaran darah  dalam tubuh. Misalnya, dalam posisi ruku di mana aliran darah bagian atas diatur. Dalam posisi tasyahud, aliran darah yang lebih rendah diatur. 

2. Dapat Melancarkan Pencernaan 

Studi menunjukkan bahwa gerakan shalat juga membantu pencernaan tubuh. Misalnya, keadaan Tasyahud, atau saat posisi duduk di mana satu kaki laki-laki menopang lengkungan di bawahnya dan kaki wanita menduduki persilangan kedua kakinya. 

Postur ini memungkinkan dan memfasilitasi pencernaan. Ini meningkatkan fungsi hati, melemaskan usus, dan  pada akhirnya memfasilitasi pergerakan usus di dalam tubuh. Doa juga dapat membantu meringankan sembelit. 

3. Meredakan Sakit Pinggang dan Nyeri Sendi 

Gerakan shalat tidak hanya memperlancar peredaran darah tetapi juga membantu sakit pinggang, sakit lutut, sakit kaki, sakit pinggang, dan masih banyak lagi sakit lainnya. Penyakit yang dialami pinggang dan sendi bisa teratasi. 

Postur sujud dan ruku membantu membuka dan mengendurkan sendi. Penggunaan sendi secara teratur menjaga kesehatan dan fungsi sendi. Selain itu, posisi jongkok dapat membantu meredakan nyeri punggung bawah dengan mengendurkan ligamen dan otot (mirip dengan yoga). 

Gerakan ini juga mengurangi rasa sakit di sumsum tulang belakang dan sendi pinggul. Relaksasi tulang belakang ini juga menghindari sakit punggung dan masalah tulang belakang. Doa umumnya melemaskan bahu, siku, lutut, pergelangan kaki dan pinggul. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan