Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku ūüďö

ūüďĖ Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. ūü§ó

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

4 Cerita Dongeng Sebelum Tidur Favorit untuk Dibacakan ke Anak

3 Agustus 2022   09:05 Diperbarui: 3 Agustus 2022   09:08 723 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Membaca dongeng tidak hanya mendorong anak  rajin membaca, tetapi juga  menjadi  alternatif jika anak  sulit tidur karena kebiasaan membaca dongeng sebelum tidur favorit bisa menjadi pilihan distraksi. 

Pemilihan dongeng juga harus disesuaikan dengan usia anak. Jangan memilih cerita yang rumit. Anak-anak antara usia 1 dan 3 sering tidak dapat memahami cerita yang kompleks karena keterbatasan bahasa. 

Temukan dongeng dengan cerita sederhana dan coba buku bergambar dengan lebih banyak  gambar daripada teks. Berikut ini contoh cerita dongeng sebelum tidur favorit yang cocok untuk anak-anak.

Contoh Cerita Dongeng Sebelum Tidur Favorit

Ada beberapa contoh cerita dongeng sebelum tidur favorit yang sering dibacakan pada anak-anak. Berikut ini  contoh cerita dongeng sebelum tidur favorit yang menarik untuk anak-anak:

1. Kelinci Sombong dan Kura-kura

Cerita dongeng sebelum tidur favorit ini tentang kelinci yang bangga yang percaya bahwa dia adalah hewan tercepat. Suatu hari, dalam kesombongannya, dia menantang  temannya kura-kura untuk sebuah kompetisi. 

Kura-kura yang rendah hati menerima undangan Kelinci tanpa mengetahui niat si kancil yang buruk. Dengan angkuh, Si Kelinci memerintahkan seluruh  hutan untuk melihat kemenangannya. 

Seperti yang dapat dibayangkan, kelinci menambah kecepatan sejak awal pada hari perlombaan. Sementara itu, kura-kura berjalan perlahan dan santai, mengejar kelinci sebaik mungkin. 

Saat tujuannya mendekat, kelinci yang angkuh mengira kura-kura tidak bisa mengejar, jadi dia memutuskan untuk tidur di bawah pohon sebentar. 

Pada akhirnya, Kelinci tidur lebih lama dari yang direncanakan dan Kura-kura mengikuti Kelinci untuk memenangkan perlombaan. Pesan dari cerita ini adalah jangan pernah meremehkan kemampuan seseorang dan jika ingin menang maka harus gigih berusaha. 

2. Singa dan Tikus 

Suatu hari, Tikus mengerjai Singa. Tikus sengaja membangunkan singa. Tanpa diduga, singa menjadi sangat marah dan menangkap tikus dan mencoba memakannya. Tapi tikus itu berteriak dan memohon ampun kepada singa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan