Mohon tunggu...
GSC
GSC Mohon Tunggu... Administrasi - Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Berhasil Melamar Pekerjaan di Masa Pandemi

7 Juli 2022   18:01 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:08 78 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Masa pandemi bukanlah masa yang mudah bagi masarakat di seluruh dunia, karena pandemi membuat dampak di segala aspek kemanusiaan seperti; kesehatan, perekonomian, sosial, pariwisata, bahkan politik. Hal yang paling terlihat terdampak dan efeknya berimbas kemana-mana adalah aspek kesehatan dan perekonomian. 

Dalam aspek kesehatan sudah tidak perlu diperjelas lagi, kita bisa melihat beritanya di mana-mana, betapa masyarakat sangat mengandalkan kesigapan dokter dan petugas kesehatan di seluruh dunia untuk mengatasi masa pandemi ini. Tidak jarang mereka bekerja overshift untuk menyelamatkan puluhan, nahkan ratusan nyawa perharinya.

Sedangkan dalam aspek perekonomian, kita semua bisa melihat betapa karena dengan adanya pandemi, pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah, menyebabkan banyak perusahaan gulung tikar karena tidak kuat menahan kerugian yang mereka alami.

Namun seiring berjalannya waktu, roda perekonomian harus terus kembali berputar apapun rintangannya demi kelangsungan hidup seluruh masyarakat dan juga pertumbuhan negara. 

Banyak perusahaan yang awalnya harus merumahkan ratusan bahkan ribuan pegawainya, kembali lagi merekrut pegawai setelah melakukan beberapa penyesuaian kondisi di masa pandemi demi kelangsungan perusahaan.

Selain perusahaan besar yang kembali mencari pegawai, banyak juga perusahaan-perusahaan yang baru bermunculan karena kondisi pandemi dan tentunya para perusahaan baru tersebut juga mencari pegawai baru. 

Namun tentu saja persaingan pencarian pekerjaan tidak akan mudah, karena saingannya juga banyak dan berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar berhasil melamar pekerjaan yang kamu inginkan berdasarkan artikel yang ada di uangonline:

  • Manfaatkan berbagai sumber informasi pencari pekerjaan

Saat ini ada banyak sekali suumber informasi lowongan pekerjaan, baik di media cetak maupun di media sosial. Jangan hanya memanfaatkan satu sumber saja agar pilihan semakin bervariasi. Kamu bisa memanfaatkan sumber informasi seperti koran, linked in, berbagai situs perusahaan resmi, 

maupun situs lowongan pekerjaan online seperti jobstreet, jobs.id, loker.id, topkarir.com, atau mengikuti informasi lowongan pekerjaan resmi keluaran pemerintah seperti yang bisa kamu temukan di kemnaker.go.id.

  • Fokus memanfaatkan informasi online

Di zaman modern ini, peran media sosial memang sangat berpengaruh bagi masyarakat karena masyarakat bisa mendapatkan informasi apapun dari media sosial saat ini, termasuk informasi tentang pekerjaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan