Mohon tunggu...
Indartatik Susilo
Indartatik Susilo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru biasa saja mengajar di SMPN 1 Kalimanggis, senang belajar banyak hal baru terutama mengenai literasi sekolah

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Manfaat Berenang Pada Anak

1 November 2022   09:03 Diperbarui: 1 November 2022   09:06 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat Berenang  Bagi Anak

Anak-anak di usia perkembangan, seringkali tiba-tiba jatuh sakit. Umumnya penyakit yang diderita adalah seputar masalah pernafasan seperti batuk, flu dan ISPA yang disertai demam dan juga masalah pencernaan seperti sembelit dan mencret. Akibatnya hampir setiap bulan para orang tua harus mengunjungi dokter untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan pada anak mereka. Intensitas mengunjungi dokter akan menjadi lebih sering ketika musim penghujan tiba. Kalau sudah seperti ini biasanya berbagai upaya terus dilakukan mulai dari perubahan pola makan dan istirahat sampai dengan membekali anak dengan berbagai suplemen kesehatan. Hasilnya, pada beberapa anak terjadi perubahan yang cukup positif namun pada beberapa anak lainnya perubahan yang terjadi belum sesuai harapan. Jika perubaan pola hidup sudah dilakukan akantetapi belum mencapai hasil yang memuaskan maka berolahraga bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang bisa dilakukan, dan salah satu olahraga yang direkomendasikan adalah renang.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya dengan permasalahan kesehatan pada anak, ditambah lagi kondisi anak yang cenderung takut dengan kedalaman air, saya kemudian berinisiatif memasukan anak les renang. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi mengenai tempat les berenang ramah anak. Setelah mendapatkan informasi selanjutnya saya melakukan perbandingan dengan cara mengamati langsung. Beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan diantaranya yaitu: Lokasi kolam renang (utamakan yang jaraknya dekat rumah), kondisi kolam renang (tingkat keamanan dan kandungan zat kimia dalam air), skill pelatih (utamakan yang ramah anak), biaya les serta sistem pembayarannya.  Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan menjatuhkan pilihan, langkah selanjutnya sesuai arahan pelatih saya membeli perlengkapan renang dasar diantaranya: kacamata renang, pullbuoy, pelampung, fin dan juga paddle. Pada perkembangan selanjunya saya juga ikut belajar berenang namun tujuannya hanya  untuk terapi nyeri pinggang akibat terjatuh dari kendaraan bermotor, hasilnya ternyata cukup membantu mengatasi rasa nyeri ketika bangun tidur, selain itu berenang ternyata cukup ampuh untuk mengendalikan berat badan. Jadi saran saya jika memungkinkan para mom bisa ikut belajar berenang disela-sela kegiatan menunggu anak les renang atau mungkin di waktu senggang lainnya.

Lalu berapa lama biasanya anak mampu berenang? Jawabannya tentu saja sangat relatif tergantung kepada kemampuan masing-masing anak. Berdasarkan pengalaman saya, setelah 8 kali pertemuan intensif  biasanya anak sudah mulai menguasai minimal satu jenis gaya renang. Gaya dada (beast stroke) merupakan salah satu jenis gaya renang yang cukup mudah dikuasi. Setelah mampu menguasai satu gaya, latihan selanjutnya biasanya mulai fokus untuk menguasai gaya lain seperti gaya bebas (free style), gaya kupu (buterfly stroke) dan gaya punggung (back crawl stroke). Seiring dengan intensias berenang yang  meningkat stamina anak juga secara otomatis akan terdongkrak, frekuensi anak sakit juga sangat berkurang dan jika anak sakit tentu saja akan lebih cepat pulih. Berikut ini merupakan manfaat berenang bagi anak yang dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh, berenang merupakan salah satu olahraga yang mampu menggerakan seluruh anggota tubuh sekaligus juga membakar kalori cukup besar. Renang juga termasuk olahraga yang cukup aman dan minim cidera (low impact) karena dilakukan di dalam air.  Pergerakan anggota tubuh yang dilakukan berulang-ulang akan melatih fungsi koordinasi dan juga kekuatan otot, meningkatkan dan bahkan mengembalikan fungsi organ tubuh seperi paru-paru dan jantung. Oleh karena itu anak-anak penderia asma biasanya sanga direkomendasikan untuk berenang.
  • Meningkatkan kepercayaan diri, pada beberapa kasus anak yang takut kedalaman, olaraga renang merupakan terapi yang cukup efekif. Pada awalnya mungkin anak akan cenderung enggan diajak berenang namun apabila ditangani oleh pelatih yang tepat maka biasanya anak cenderung mudah beradaptasi sehingga nantinya anak mampu menempuh jarak dengan kecepatan tertentu sesuai intruksi pelatih. Hal ini tentu saja akan meningkakan kepercayaan diri mereka.
  • Mengajarkan anak berkompetisi secara sehat, setelah menguasai beberapa gaya renang dengan baik anak-anak biasanya mulai difokuskan untuk beralih pada jarak tempuh dan kecepatan. Dari sini pelatih biasanya mulai mengamati anak-anak yang dinilai memiliki minat maupun bakat untuk dikembangkan prestasinya dengan mengikui berbagai kompetisi. Dengan mengikuti berbagai kompetisi diharapkan anak akan terbiasa dengan ikim persaingan yang sehat, karena proses meraih podium juara akan sangat bergantung pada intensias latihan dan bukan dengan cara --cara yang instan
  • Menambah teman, ketika berlaih renang biasanya anak-anak akan berineraksi dengan banyak teman baru, disela waku latihan mereka dapat berinteraksi satu sama lain sehingga lama kelamaan terjadi bounding. Berenang akan terasa lebih menyenangkan seiring dengan bertambahnya teman yang berasal dari berbagai tingkaan usia dan asal sekolah.
  • Mengajarkan anak mengendalikan emosi, renang memerlukan koordinasi yang baik antar anggota tubuh. untuk dapat menempuh jarak tertenu tidak hanya perlu kecepatan tapi juga strategi dengan menggunakan gaya yang tepat. Pada beberapa kesempatan saya menemukan teman berlatih anak yang termasuk kategori difabel dan juga berkebutuhan khusus seperi hyperakif dan autis. Mereka juseru menemukan cara mengendaikan diri dengan baik dan bahkan prestasi renang yang baik di bawa arahan pelatih yang kompeten.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun