Mohon tunggu...
Grant Gloria Kesuma
Grant Gloria Kesuma Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Peracik fiksi. Penangkap momen. Penabur melodi. Akun lama: http://www.kompasiana.com/glorygrant

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Momen Waisak, Momen Belajar Puja Bhakti

14 Mei 2019   20:53 Diperbarui: 14 Mei 2019   21:01 0 1 1 Mohon Tunggu...
Momen Waisak, Momen Belajar Puja Bhakti
Dokpri

Dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak, Manggala School mengadakan Puja Bhakti Waisak selama satu bulan. Puja Bhakti Waisak tersebut dilangsungkan di dharmasala Wihara Dharmakirti, Palembang. Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 15 April sampai 16 Mei 2019 ini diikuti oleh siswa-siswi SD dan TK Manggala School yang beragama Buddha.

Dalam momen Waisak ini, siswa diajak untuk berbuat baik dengan belajar melaksanakan puja bhakti. Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk memperkuat keyakinan siswa terhadap agama Buddha yang dianutnya. Para siswa belajar tentang cara sembahyang, yang dalam agama Buddha disebut dengan puja bhakti, mulai dari mengucapkan salam Buddhis, cara bernamaskara (bersujud), membaca paritta (doa-doa), dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan.

Dokpri
Dokpri
Tidak hanya belajar tentang puja bhakti, siswa-siswi juga mendengarkan dhammadesana (ceramah) dari guru. Contohnya pada hari ini (Selasa, 14 Mei 2019), mereka mendengarkan dhammadesana yang disampaikan oleh Sir Didik tentang 4 sifat mulia yang diharapkan muncul dalam diri siswa setelah melaksanakan puja bhakti. Keempat sifat mulia itu adalah metta (cinta kasih), karuna (belas kasih), mudita (rasa simpati), dan upekkha (keseimbangan batin).

Kegiatan yang berdurasi sekitar 30 menit ini diikuti siswa dengan antusias. Walaupun diperuntukkan bagi siswa-siswi yang beragama Buddha, beberapa orangtua siswa ada juga yang mengikuti kegiatan puja bhakti. Puncak kegiatan Puja Bhakti Waisak ini akan dilangsungkan pada hari Jumat, 17 Mei 2019. Pada hari tersebut, para siswa akan dibimbing langsung oleh anggota Sangha.

VIDEO PILIHAN