Mohon tunggu...
Gita S
Gita S Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Perempuan Sagitarius yang mencintai Solo, teh dan Sapi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Aruku

5 November 2014   17:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:34 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1413511755197337546

Kemarin saya menemukan sebuah gambar cantik disalah satu fan page Facebook yang saya ikuti. Gambar seekor kucing (kebetulan saya penyuka kucing, jadi pastilah gambar itu segera menarik perhatian saya), yang nampaknya kucing gendut. Dengan mata terpejam dalam posisi setengah tidur mengenakan untaian bunga yang dililit dikepala dan sebagian badannya. Entah siapa yang mendandani dia.. :).

Yang menarik lagi selanjutnya adalah tulisan disamping gambar tersebut, "Let us dance in the sun, wearing wild flowers in our hair". Yaa... tulisan ini adalah hal kedua yang menarik perhatian saya. Sepertinya kalimat "wearing wild flower in our hair" itu sengaja diwakilkan dengan gambar kucing tadi. Wear your wild flower so that you will look beautiful.

[caption id="attachment_348219" align="aligncenter" width="300" caption="Gambar diambil dari fan page Facebook-I Love Natura"][/caption]

"Let us dance in the sun".. ingatan saya langsung tertuju pada aktivitas harian saya yang selalu menyenangkan.. jalan kaki. "Dance".. kita mungkin akan memiliki banyak makna padanya. Kita bisa berjalan kaki, berlari, bekerja, berbuat kebaikan dan banyak hal.

Aktivitas jalan kaki dipagi hari saya anggap sebagai salah satu dancing in the sun.  Haha... tentu saja, karena dipagi hari matahari bersinar dengan indah :). Setiap pejalan kaki tentu memiliki area-area tersendiri yang mereka lalui setiap kali berjalan. Berjalan kaki, bisa dikerjakan hanya dengan berjalan saja, tapi bisa juga dengan sambil mendengarkan musik, bertegur sapa dengan orang-orang yang ditemui dijalan bahkan dengan melakukan aktivitas lain yang kebetulan bisa dikerjakan pada saat berjalan kaki.. berbelanja ditukang sayur misalnya :).

Hampir disetiap berjalan kaki, saya melakukannya sambil mendengarkan musik. Musik sendiri serasa melakukan salah satu fungsi utamanya sebagai musik latar selayaknya iringan pada salah satu adegan film. Entah kenapa, berjalan selalu membuat saya merasa cantik. Mungkin hampir sama tingkat cantik yang saya rasakan seperti yang dipandang mata pada umumnya melihat model yang berjalan. Hehe.. tapi bukan maksudnya saya secantik model ya.. >,<. Tapi berasa seperti model yang berjalan diatas panggung catwalk.

Panggung catwalk itu sendiri adalah area berjalan kaki yang saya pilih. Saya berjalan sesuai dengan langkah panjang kaki saya, kadang lurus, kadang sedikit melenggok menghindari kendaraan, dan kadang juga sedikit melompat menghindari lubang. Musik yang saya dengarkan adalah musik yang saya pilih sendiri, yang sesuai dengan hati saya, yang dengan senang hati menyatu menjadi semangat dalam diri. Oh ya, kadang musik juga dibantu oleh angin, angin yang lirih, yang hanya bisa dirasakan pada saat kita benar-benar menikmati berjalan. Sorot lampu juga disediakan alam sebagai matahari, selalu ada sepanjang kita berjalan dan menatapnya, mengikuti langkah kita.

"wearing wild flower in our hair", pada kalimat diatas saya terjemahkan sebagai menjadi diri kita sendiri. "wearing wild flower" adalah apa yang tampak dari kita. Sementara bunga liar adalah bunga yang tumbuh dengan sendirinya atau segala sesuatu yang bisa kita dapatkan saat itu. Berkaitan dengan menjadi diri kita sendiri adalah, tampillah sebagai diri kita, dengan apa yang kita miliki saat ini dan itulah keseluruhan diri kita. Dari yang saya rasa dan alami selama ini, menjadi keseluruhan diri kita adalah awal dari timbulnya rasa percaya diri dan tidak mudah berkeinginan untuk membandingkan diri serta memudahkan untuk bersyukur dan menerima apa yang kita miliki.

Telah banyak tulisan yang membahas mengenai manfaat berjalan kaki bagi kesehatan. Apabila selain bermanfaat bagi kesehatan, berjalan juga bisa memberikan kenikmatan pada pikiran kita, kenapa tidak dicoba untuk membiasakan berjalan kaki dan menikmati apa yang mungkin belum pernah terbayangkan selama ini oleh kita saat berjalan kaki. Temukan tempat yang anda inginkan untuk berjalan kaki, atau nikmati kembali aktivitas berjalan kaki anda selama ini, ditempat yang biasa anda lalui. Pilih musik yang anda sukai, berikan perhatian pada setiap yang anda temui, pada irama langkah kaki, pada hangatnya matahari, bahkan pada air yang jatuh dari payung yang anda pegang saat hujan. Wear your wild flower on your hair, let's dance in the sun. Aruku.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun