Mohon tunggu...
Gita ayuanisah
Gita ayuanisah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi uin sumatera utara

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Setelah Beberapa Bulan Dilanda Covid-19, Bagaimana Keadaan Indonesia Saat Ini?

11 Agustus 2020   11:54 Diperbarui: 11 Agustus 2020   12:32 43 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Gita Ayu Anisah Mahasiswi Hukum Tata Negara Kelompok KKN-DR 18 UIN SUMATERA UTARA

 Seperti yang kita ketahui beberapa bulan belakangan ini, dunia sangat gempar dengan adanya jenis virus baru yang muncul dan menginfeksi manusia, bahkan kita juga sudah bosan mendengar berita berita yang mengabarkan tentang hal ini. Tak lain dan tak bukan yaitu Covid 19. Saat ini semua orang dibelahan dunia manapun mengalami kesulitan dikarenakan virus yang satu ini. 

Virus ini membuat ekonomi semua Negara lumpuh dan tak luput juga dengan Indonesia. Indonesia sebagai Negara yang memiliki warga Negara yang sangat banyak juga sangat terkena dampak dari virus ini. Mulai dari ekonomi,pola idup,kesehatan,kebutuhan dan lain lain sangat dirasakan oleh seluruh warga Indonesia. 

Dimulai dengan awal bulan maret 2020 hingga saat ini, masyarakat diindonesia sudah merubah tatanan kehidupannya, yang berawal biasa saja tidak perduli dengan kebersihan,kesehatan,dan pola hidup yang benar, sudah membenah diri untuk memperbaiki itu semua dikarenakan virus yang satu ini. Virus ini sangat sensitive dengan  pola hidup yang tidak higienis sehingga memudahkannya menyerang tubuh mausia. Masyarakat pun sangat mewanti wanti hal ini sehingga merubah pola hidupnya. 

Penggunaan masker dan hand sanitizer  salah satu contohnya, pemerintah mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker. Karena masker dapat menghambat penyebar luasan virus yang satu ini. Untuk kegiatan sehari-hari masyarakat sangat di anjurkan untuk penggunaan masker,hand sanitizer dan jaga jarak. 

Tetapi seperti yang kita ketahui bersama, untuk awal mula virus ini masuk masyarakat memang sangat-sangat menjaga pola hidup higienis dan sehat, tetapi semakin kesini semakin sedikit juga tingkat kesadaran masyarakat. Banyak juga masyarakat yang mulai tidak perduli dan menghiraukan anjuran dan himbauan yang di berikan oleh pemerintah. 

Berawal dari keluar tidak menggunakan masker dan yang lebih parahnya sudah mulai berkumpul-kumpul di salah satu pusat perbelanjaan. Hal ini sangat disayangkan melihat masyarakat Indonesia yang juga sangat banyak terpapar virus ini. Tetapi banyak juga masyarakat yang tidak perduli akan hal itu. 

Saya sebagai penulis, lebih menghimbau dan menganjur kan para pembaca agar sama-sama kita memutus mata rantai penyebaran virus ini, agar Negara dan dunia pun segera pulih dari keadaan virus yang mendunia ini. Kalau bukan dimulai dari diri sendiri, siapa lagi?  kita sebagai warga Negara Indonesia juga harus perduli akan lingkungan dan sama-sama melakukan hal yang sangat bermanfaat untu sesama.

VIDEO PILIHAN