Mohon tunggu...
Giovanno Macario
Giovanno Macario Mohon Tunggu... Lainnya - Orang biasa yang mau cerita

Ad Maiorem Dei Gloriam

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Black Adam, Film Anti Hero atau Super Hero?

27 November 2022   11:47 Diperbarui: 27 November 2022   11:50 1536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Black Adam, ya sebuah film superhero yang berasal dari DC Universe ini sudah mulai tayang menghiasi layar kaca bioskop kita. Di bintangi oleh Dwayne Johnson sebagai pemeran utama, film Black Adam ini mampu menarik perhatian para pecinta film superhero.

Film ini muncul ke layar lebar seperti sebagai ajang pembuktian semesta DCEU masih bisa eksis dan bersaing dalam dunia perfilman dunia. Dengan penuh adegan berkelahi yang sudah dimulai sejak awal membuat siapapun yang menonton terkesima. Dengan plot dan alur cerita yang cukup ringan membuat film Black Adam ini akan mudah untuk diikuti dan dinikmati oleh penonton.

Film dimulai dengan menceritakan pengenalan karakter siapakah Black Adam tersebut, seorang juara pelindung daerah Kahndaq. Karakter Black Adam sendiri ini dikenal sebagai musuh bebuyutan dari superhero DC lainnya yakni Shazam yang film nya sudah muncul terlebih dahulu di tahun 2019 yang lalu, namun dalam film ini Black Adam lebih di ceritakan sebagai seorang anti-hero dan bukan sebagai soerang villain dari Shazam . Ada perbedaan yang cukup mendasar dari seorang hero dan juga anti-hero. Hero sendiri adalah seorang pahlawan yang memiliki paham untuk menolong setiap orang kita bisa memudah memahami dengan menonton banyak film super hero yang sudah tayang seperti Avengers dan Justice League contohnya. Sedangkan untuk anti hero sendiri seperti yang sudah ada kita bisa menonton Black Adam ini sendiri yang mana film ini menjelaskan apa itu anti-hero dengan jelas dan mudah untuk dimengerti. Kalau bisa saya jelaskan, anti-hero sendiri adalah seorang pahlawan yang bertindak sesuai dengan paham dan idealisme nya sendiri dan apa yang menurutnya benar tanpa menghiraukan pendapat orang lain. Bisa dikatakan kalau super hero adalah sisi baik dengan diibaratkan warna putih, villain adalah sisi buruk dengan warna hitam nah anti hero nya ini bisa diibaratkan dengan warna abu abu.

Baca juga: Dinamika Politik

Dalam flm ini juga menyajikan berbagai aksi pertempuran yang cukup banyak dengan durasi kurang lebih dua jam, hampir 75% berisi dengan adegan aksi yang cukup menarik. Walaupun dalam film nya terlihat beberapa adegan yang cukup brutal, namun dalam penyajiannya masih cukup wajar jika dibandingkan dengan film anti hero lainnya seperti DeadPool. Selain itu dalam film ini juga sedikit dijelaskan tentang apa itu Justice Society yang mana bisa menjadi gerbang untuk membuka film film superhero DCEU lainnya. Dimulai dari Black Adam ini sendiri dan juga sudah ditemani dengan dua anggota Justice Society seperti Dr Fate dan juga Hawkman.

Namun untuk alur cerita nya sendiri bisa dikatakan terdapat dua konflik yang harus diselesaikan oleh Black Adam ini sendiri, yang mana ia harus menyelesaikan konflik dengan musuh nya yakni Sabbac Black Adam juga harus berkonflik dengan Justice Society. Namun dalam penyajian ceritanya mungkin akan agak susah untuk dimengerti mengapa sang Black Adam ini berkonflik dengan Justice Society karena menurut saya apa yang dilakukan oleh Black Adam ini sudah cukup benar dan menurut saya tidak ada masalah dengan prinsip kebenaran yang di pegang oleh superhero pada umumnya. Kalau melihat pertikaian antara Black Adam dan villainnya yakni Sabbac, bisa dikatakan menurut saya lebih menarik kalau kita mengikuti pertikaian antara Black Adam dengan Justice Society. Yang mana pertikaian antara Black Adam dan juga Sabbac ini disebabkan karena motif balas dendam yang sudah turun temurun namun juga belum terbalaskan. Ending dari pertempuran antara Black Adam dan juga Sabbac juga terkesan biasa saja mengingat kekuatan Black Adam yang terlalu jauh jika dibandingkan dengan kekuatan Sabbac.

Secara overall film Black Adam ini bisa dikatakan cukup sukses untuk menjadi pintu gerbang untuk membuka perjalanan film film solo superhero DCEU lainnya dengan sudah dikenalkannya Justice Society. Dengan alur cerita yang cukup ringan dan banyak lelucon lelucon yang menurut saya cukup berhasil ya film ini bisa menjadi sarana kita untuk rehat sejenak dari dunia kerja yang cukup penat. Btw jika menonton Black Adam di bioskop jangan lupa untuk menonton sampai akhir ya karena akan ada mid credit scene yang cukup mencengangkan. Untuk nilai review untuk Black Adam ini bisa mendapat 8,5/10.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun