Mohon tunggu...
Giovanno Macario
Giovanno Macario Mohon Tunggu... Lainnya - Orang biasa yang mau cerita

Ad Maiorem Dei Gloriam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Apa Sih Teknik Kimia Itu?

27 September 2022   21:34 Diperbarui: 27 September 2022   21:40 219 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknik Kimia apa sih itu ? Belajar kimia ya ? Isinya nyampur nyampur zat ? Bikin bom ? Sama ga sih kayak jurusan kimia ?... Nah ini nih yang mau aku bahas. Sebelumnya kenalin dulu aku salah satu mahasiswa yang baru aja lulus dari Teknik Kimia.  

Jadii jurusan Teknik Kimia dan jurusan Kimia itu berbeda ya teman teman. Jika teman teman nantinya mengambil jurusan Kimia hal hal yang akan dipelajari adalah struktur, sifat, dan komposisi dari suatu materi yang dimulai dari skala atom. Jadi bisa dibilang akan mempelajari unsur unsur ataupun atom atom yang kita sudah kenal di tabel periodik waktu SMA. Untuk jurusan kimia ini biasanya ada lima cabang ataupun konsentrasinya misalnya Kimia Organik yang mempelajari senyawa karbon dan turunannya, Kimia Analitik yang mempelajari proses untuk menganalisa suatu senyawa kimia pada suatu bentuk, Kimia Anorganik yang mempelajari senyawa senyawa non karbon, Kimia Fisik yang merupakan gabungan kimia dan fisika dan yang terakhir ada Biokimia yang merupakan gabungan dari ilmu biologi dan juga kimia. Jadi bisa dikatakan untuk jurusan kimia ini dalam praktiknya akan lebih banyak dalam riset dan juga penelitian, sangat berbeda dengan jurusan Teknik Kimia yang mana akan lebih praktikal.

Nah sekarang untuk jurusan Teknik Kimia. Teknik Kimia sendiri merupakan jurusan yang mempelajari suatu ilmu rekayasa proses untuk menghasilkan suatu produk dari suatu bahan mentah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dengan bermodalkan ilmu kimia dan mengerti reaksi kimia yang terjadi diharapkan para lulusan dari teknik kimia ini bisa merekayasa suatu proses untuk menghasilkan produk dengan efektif dan efisien. Menurut pengalamanku pribadi sih, jurusan teknik kimia ini, belajar kimia nya hanya diawal semester, sisanya akan lebih banyak belajar fisika. Sehingga bisa dikatakan pengetahuan kimia ini menjadi modal dan pondasi awal kita untuk nantinya bisa merekayasa proses di suatu industri. Jadi apa aja sih yang dipelajari di teknik kimia?

Di tahun pertama atau semester satu dan semester dua, sudah pasti merupakan semester penyesuaian, bisa dibilang pelajaran akan mirip mirip dengan pelajaran waktu SMA, yang mana mata kuliah yang didapat seperti kimia dasar, fisika dasar, lalu mulai spesifik ada kimia organik dan juga kimia analitik. Satu mata kuliah yang paling berkesan di semester ini adalah Pengantar Teknik Kimia, di mana pada mata kuliah ini mulai dikenalkan dan disinggung sedikit mengenai apa yang nantinya akan dipelajari lebih mendalam pada semester selanjutnya. Fyi untuk mata kuliah ini tak sedikit juga yang mengulang dikarenakan tidak lulus.

Di tahun kedua atau semester tiga dan empat, mata kuliah yang didapat sudah lebih spesifik ke dalam teknik kimia, mulai dari mempelajari termodinamika, mekanika fluida dan partikel, mikrobiologi, bahan konstruksi dan korosi, matematika teknik kimia, neraca massa dan energi, dan juga sebagainya. Bisa dibilang untuk semester tiga dan empat ini cukup melelahkan karena ada cukup banyak mata kuliah inti seperti neraca massa dan energi yang bisa dikatakan sebagai mata kuliah yang khas untuk teknik kimia, yang mana mempelajari hitung hitungan untuk bisa mengestimasi berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan untuk mencapai jumlah produk yang diinginkan beserta dengan kebutuhan energinya. Lalu ada termodinamika yang mempelajari tentang perubahan perubahan energi, pengolahan limbah industri yang mempelajari bagaimana dalam proses pengolahan limbahnya, dan juga mikrobiologi yang mempelajari peran makhluk hidup seperti mikroba dalam industri seperti dalam pembuatan wine.

Di tahun ketiga, semester lima dan enam, mata kuliah yang di dapat menurutku juga lebih susah. Misalnya sepeti mata kuliah teknik reaksi kimia yang mempelajari tentang mekanisme jenis jenis reaksi kimia yang ada, lalu ada perisitiwa perpindahan yang mempelajari suatu momentum, sistem utilitas yang mempelajari penyediaan utilitas dari suatu industri lalu ada mata kuliah perpindahan kalor yang mempelajari cara ataupun mekanisme menaikan ataupun menurunkan temperatur dari suatu proses yang berjalan. Lalu juga ada mata kuliah Alat Proses dimana pada mata kuliah ini diajarkan untuk mendesain alat industri seperti reaktor, alat penukar panas, kolom distilasi dan sebagainya. Pada tahun ketiga ini sudah dimulai dalam mengerjakan proses tugas akhir seperti penelitian yang diawali dengan penyusunan proposal.

Di tahun terakhir atau semester tujuh dan delapan mata kuliah yang dipelajari juga menjadi lebih santai menurutku hanya saja tugas akhir sudah benar benar harus dikerjakan. Pada semester tujuh terdapat dua tugas akhir yang harus diselesaikan yakni laporan kerja praktek yang mana kerja praktek sudah dilakukan pada liburan semester enam, dan juga penelitian yang pada semester enam sebelumnya sudah dimulai pembuatan proposalnya. Pada semester tujuh ini juga sudah dimulai untuk tugas akhir yang terakhir yakni Tugas Rancang Pabrik. Tugas Rancang Pabrik ini juga sangat identik untuk jurusan Teknik Kimia, yang mana pada tugas ini bisa dikatakan semua mata kuliah yang didapatkan dari semester awal hingga akhir akan terpakai dalam proses pengerjaannya, dimulai dari perhitungan persiapan bahan baku, proses pendesainan alat proses industri seperti perancangan reaktor, lalu ada perhitungan ekonomi dan juga manajemen pabrik, lalu ada penyediaan utilitas pabrik dan juga proses pengolahan limbah.

Jadi jurusan Teknik Kimia jika disimpulkan dalam kuliahnya bisa dikatakan bahwa pengetahuan kimia akan menjadi dasar ataupun pondasi dalam melakukan rekayasa proses. Tugas rancang alat dan juga mendesain proses sudah menjadi makanan sehari hari, bisa dibilang hampir di setiap tugas akhir suatu mata kuliah adalah berupa tugas rancang alat ataupun desain proses. Akhir kata jangan berekspektasi bahwa jurusan Teknik Kimia akan belajar banyak tentang kimia, malahan lebih banyak fisikanya. Walaupun terlihat susah percayalah lulus dari jurusan ini bakalan gampang banget menurutku untuk dapat pekerjaan, karena lulusan teknik kimia atau biasa disebut sebagai Process Engineer banyak dicari oleh perusahaan perusahaan. Jadi jangan takut buat masuk Teknik Kimia and Good Luck

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan