Mohon tunggu...
Gina Syafitri
Gina Syafitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Keperawatan

Saya saat ini menjadi mahasiswa ilmu keperawatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, hobi saya adalah membaca buku cerita dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kenali Penyebab, Gejala, dan Tindakan Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal

23 November 2022   17:20 Diperbarui: 23 November 2022   18:38 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gagal Ginjal. Sumber: lybrate.com

Di Indonesia, saat ini telah terjadi banyak kasus gagal ginjal dengan presentasi kenaikan yang tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di mana banyak anak-anak yang mengalami kasus gagal ginjal dengan rentan usia 6 - 18 tahun.

Kementerian Kesehatan pada tanggal 5 November 2022 juga memberikan pernyataan tentang maraknya kasus Gagal Ginjal, di mana di Indonesia terjadi 324 kasus gagal ginjal dengan presentasi 194 orang dinyatakan meninggal dunia, 102 orang dinyatakan sembuh, dan 28 orang lainnya di rawat  di bawah pengawasan tenaga medis.

Gagal ginjal adalah  kondisi di mana ginjal para penderitanya mengalami  kerusakan. Ditandai dengan adanya penurunan yang tiba-tiba pada proses filtrasi urine yang mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah urine.

Dalam pandangan dunia medis penyakit gagal ginjal terbagi menjadi dua yaitu Penyakit Ginjal Akut dan Penyakit Ginjal Kronis. Berikut Penjelasannya

Gagal Ginjal Akut

PGA atau Penyakit Ginjal Akut adalah Kondisi ketika tubuh mengalami gangguan pada ginjal, di mana terjadi penurunan struktur, fungsi dan kerja ginjal secara mendadak dan tiba-tiba yang disebabkan adanya ketidakseimbangan pada aliran darah menuju ginjal, dan adanya sumbatan yang mengganggu pada saluran urine. 

Sehingga menyebabkan penderita atau orang yang terkena penyakit gagal ginjal ini tidak dapat membuang bahan yang terlarut dalam tubuh dan air karena terjadinya penumpukan di dalam ginjal.

Penyebab gagal ginjal akut 

Penyebab Gagal Ginjal akut diantaranya adalah  tersumbatnya saluran perkemihan, kerusakan sistem dan fungsi ginjal, serta berkurangnya aliran darah. Menurut National Kidney Foundation berkurangnya aliran darah disebabkan penggunaan obat anti nyeri seperti ibuprofen, naproxebn dan ketoprofren.  

Gejala gagal ginjal akut

Tanda-tanda atau gejala yang timbul dari gagal ginjal akut ini diantaranya adalah penderita mengalami diare, terkena Infeksi dan gangguan pada saluran pencernaan seperti muntah dan mual, terjadi  peningkatan suhu tubuh yaitu demam dalam waktu 3 sampai 5 hari,  infeksi saluran pernafasan berupa pilek dan batuk pada anak-anak pada rentan usia 1 hari -18 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun