Mohon tunggu...
Gina Dwi Septiani
Gina Dwi Septiani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tulisan ini sebagai jejak dan kenangan bahwa aku pernah ada di dunia yang fana ini.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Camping Pendidikan Dasar Kepramukaan Hari ke-2

26 November 2022   18:55 Diperbarui: 26 November 2022   18:59 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Kegiatan hari ini dimulai dari pukul 03.00 WIB. Semua siswa diarahkan ke Aula untuk melakukan sholat malam/tahajud. Dilanjutkan Sholat Subuh berjama'ah dan kultum. Setelah melaksanakan sholat, mereka disuruh untuk mengganti pakaian dengan baju olahraga. 

Para wali kelas memastikan siswa binaannya telah mengganti baju. Setelah berganti baju, para siswa diarahkan untuk membawa tempat makan sendiri untuk mengambil makanan yang telah disediakan oleh panitia. Menu makanannya nasi kuning, mie goreng dan semur telur balado. 

Kami sempat khawatir makanan tidak cukup, tapi Alhamdulillah semua anak mendapatkan makanannya. 

Selama sarapan, para wali kelas memantau kondisi anak-anak ke tenda masing-masing. Kami juga mengarahkan dan memastikan anak-anak untuk bersiap. Karena kegiatan selanjutnya adalah Jawara Race. Anak-anak akan melakukan perjalanan post to post. Panitia menghimbau para siswa untuk menggunakan sepatu, karena dikhawatirkan jalannya licin. 

Perjalanan Jawara Race ini dimulai dari pemilihan urutan keberangkatan oleh pemimpin kelas. Setelah mendapatkan nomor urut, mereka mempersiapkan yel-yel kelompok. Yel-yel tersebut disuarakan sebelum pemberangkatan. 

Para siswa tidak disarankan membawa tas maupun gawai, karena khawatir hilang atau kotor nantinya. 

Ternyata benar, sekitar pukul 12.30 mereka kembali semua pakaian mereka kotor dengan tanah. Kondisi cuaca hujan membuat jalanan semakin licin dan kotor. Sesampainya ke tenda masing-masing mereka langsung membersihkan diri. Namun sungguh miris ketika mereka membersihkan diri, aliran airnya mati. Mereka mencari sumber air lain supaya mereka bisa mandi. 

Walaupun sempat terhambat, pada akhirnya mereka bisa membersihkan diri. Beberapa siswa juga sedikit mengeluhkan gatal-gatal. Sepertinya lingkungan yang kotor dan cuaca yang semakin dingin menjadi faktor utama. 

Setelah semua siswa membersihkan diri, mereka makan siang menjelang sore di tenda masing-masing. Kemudian membereskan tenda, sebelum ke Aula untuk melakukan penutupan. 

Karena Hujan semakin deras, para orangtua sudah banyak yang menjemput. Akhirnya acara penutupan dijadikan pengarahan singkat dari Waka Kesiswaan dan Tim. Para siswa yang dijemput langsung di lokasi PH 50 maupun sekolah diperbolehkan pulang dengan catatan memberikan kabar kepada wali kelas jika sudah sampai. 

Alhamdulillah pelaksanaan selama 2 hari ini berjalan dengan lancar. Meskipun beberapa kegiatan terlewat karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Semoga CPDK ini menjadikan siswa lebih mandiri ke depannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun