Mohon tunggu...
Gilang Surya Nugraha
Gilang Surya Nugraha Mohon Tunggu... jalani hidup ini dengan senyuman

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030098

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Bukit Gondopurowangi, Spot Baru Menikmati "Sunrise" Dekat Candi Borobudur

21 April 2021   06:00 Diperbarui: 21 April 2021   06:05 72 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukit Gondopurowangi, Spot Baru Menikmati "Sunrise" Dekat Candi Borobudur
Dokumen pribadi

Tempat Wisata di Kabupaten Magelang tidak hanya Candi Borobudur. Masih banyak objek wisata terutama di kawasan pegununganya yang menawarkan pesona keindahan dan memanjakan mata dari ketinggian. Salah satu objek wisata itu adalah Bukit Gondopurowangi sunrise.

Tempat ini merupakan objek wisata baru di Magelang yang menawarkan pesona sunrise dan landscape hamparan alam hijau yang bisa kita nikmati dari ketinggian. Sesuai dengan Namanya, Gondo  Purowangi Sunrise ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona sunrise. Epiknya lagi, Kawasan ini akan diselimuti kabut pada waktu tertentu.

Bukit Gondopurowangi memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl yang terletak di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa tengah. Gandapuro diambil dari sebuah pepohonan perdu yang daunya dipakai untuk campuran obat atau minyak gosok. Konon, diperbukitan ini dulu kala berbau wangi. Kemudian dikenal sebagai Puntuk Gondopurowangi. Tempat ini diresmikan pada akhir tahun 2019.

Keberadaan objek wisata ini tentu menambah kekayaan sektor wisata yang ada di Kabupaten Magelang. Selain itu, ada banyak pilihan lain untuk dinikmati wisatawan jika berlibur ke Kabupaten Magelang selain mengunjngi Candi Borobudur yang mungkin sudah cukup mainstream.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Objek wisata ini cocok bagi mereka yang suka blusukan untuk menjelajah tempat-tempat baru nan antimaistream. Dikarenakan akses jalan menuju objek wisata ini cukup terjal untuk dilalui.

Letaknya yang tak jauh dari Candi Borobudur, dapat ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan mengunakan kendaraan bermotor. Perjalanan bisa dilakukan melalui jalan alternatif Nanggulan-Borobudur yaitu dari Candi Borobudur mengarah ke timur sejauh 4 kilometer. Dilanjutkan perjalana dengan mengikuti plang penunjuk jalan menuju Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kenalan.

Kondisi jalan sudah masuk Kawasan pegunungan yang sempit, menanjak, dan berkelok. Bahakn Google Maps bisa jadi meminta belok di tempat yang tidak ada belokanya. Meski demikian, jalan ke Balkondes kenalan cukup mudah diikuti jika mengikuti petunjuk jalan.

Sebelum sampai ke Balkondes Kenalan, nanti akan ada pertigaan. Terdapat sebuah tugu yang bertuliskan ' 0 km Blkondes & Homestay Desa Kenalan". Belok kanan dan tetap ikuti jalan aspal. Jika lurus dengan jalan cor adalah jalan menuju Balkondes Kenalan

Ikuti terus jalan utama setelah belok kanan yang terbuat dari aspal dan agak menanjak. Beberapa menit kemudian, jalan aspal tersebuat akan beubah menjadi jalan cor. Meski sekilas meragukan, itulah jalan yang benar.

Agar bisa sampai pos masuk Bukit Gondopuro kita harus melewati jalan setapak yang mendebarkan bagi mereka yang baru pertama melaluinya. Pengemudi harus konsentrasi dan hendaknya melaju pelan agar tidak jatuh kejurang dikarenakan kanan kirinya sudah jurang yang cukup curam, dan hanya dapat dilalui mengunakan kendaraan roda dua. Apabila kita berpapasan dengan pengunjung lain yang mau keluar maka salah satu dari kita harus mengalah mundur atau mencari tempat yang agak lebar biar bisa lewat. Sementara itu, bagi pengendara roda empat bisa diparkir di sekitaran jalan sebelum masuk menuju pos Gondopurowangi.

Meski dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit dipagi hari, tarnyata panorama malam hari yang tersaji di Bukit Gondopurowangi juga tidak kalah menawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x