Mohon tunggu...
M. Gilang Riyadi
M. Gilang Riyadi Mohon Tunggu... Penulis - Author

Movie review and fiction specialist | '95 | contact: gilangriy@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Tips dan Trik Bersihkan Wajah Pria agar Tetap Sehat dan Tidak Kusam

11 September 2022   19:31 Diperbarui: 11 September 2022   19:33 165 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
image by Buka Lapak Review

Urusan kebersihan wajah sebenarnya hal umum yang harus diperhatikan semua orang, baik itu pria maupun wanita. Namun memang sering kali kita melihat bahwa kebutuhan wanita  lebih rumit karena banyak pilihannya. Sementara pria kadang mencuci wajah seperlunya asal terlihat bersih tanpa melakukan pertimbangan terhadap produk yang digunakan.

Dulu pun saya merasa dengan menggunakan face wash saja sudah cukup. Tapi nyatanya itu sama sekali kesalahan besar yang membuat wajah justru rentan berjerawat, berminyak, juga kusam karena proses pembersihannya yang tidak maksimal.

Barulah dua tahun ke belakang ini saya mulai mengerti akan pentingnya merawat wajah mulai dari membersihkannya, hingga menggunakan skincare untuk lebih memaksimalkannya. Di tulisan ini pula saya mencoba untuk membagi pengalaman bagaimana cara saya membersihkan wajah sebagai pria berusia 27 tahun yang memiliki aktivitas cukup padat di setiap harinya.

Tips dan trik ini saya tulis berdasarkan kondisi wajah pribadi yang tentunya akan berbeda dengan wajah pembaca yang lain. Sebenarnya tidak hanya pria saja, ini pun bisa dibaca/dilakukan oleh wanita jika memang sebelumnya kalian belum merasa maksimal dalam membersihkan wajah. 

Kira-kira apa saja, ya? Yuk check this out!

1. KENALI TIPE KULIT WAJAH

Hal pertama yang perlu disadari adalah mengenal terlebih dahulu bagaimana sih tipe wajah kulit kita. Ini tentunya berpengaruh untuk memilih produk yang tepat di tahap selanjutnya. Jangan sampai karena tidak tahu jenisnya malah jadi memilih jenis produk yang tak sesuai dengan kondisi wajah sendiri.

Jenis kulit wajah yang saya kutip dari alodokter ada 5, yaitu:

image by beautylogica
image by beautylogica
  • NORMAL, di mana kandungan minyak dan air yang di wajah seimbang. Hal ini lebih memudahkan dalam mencari produk pembersih wajah.
  • KERING, di mana kandungan kelembapan di wajah jutsru lebih rendah sehingga membuat permukaan kulit kering dan terasa kasar.
  • BERMINYAK, berbalik dari tipe wajah kering, wajah berminyak memproduksi minyak berlebih sehingga menyebabkan pori-pori wajah jadi terlihat lebih besar.
  • SENSITIF, ini jenis yang cukup rentan karena mudah sekali mengalami alergi atau iritasi pada jenis/kandungan produk tertentu. Maka dari itu di sini harus ekstra hati-hati dalam memilih produknya.
  • KOMBINASI, jenis kulit ini merupakan perpaduan kulit kering dan berminyak di mana pada bagian T-zone (dahu, hidung, dahi) punya kandungan minyak lebih, sementara pada pipi malah terasa kering.

2. GUNAKAN FACIAL LOTION SEBELUM MEMBERSIHKAN WAJAH

image by KlikIndomaret
image by KlikIndomaret

Facial lotion memang opsi yang sebenarnya bukan kewajiban. Tapi dengan menggunakan ini sebelum mencuci wajah, akan membuat kotoran-kotoran lebih terangkat. Caranya tinggal tuang ke kapas, lalu usapkan secara halus pada wajah dan leher.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan