Mohon tunggu...
M. Gilang Riyadi
M. Gilang Riyadi Mohon Tunggu... Author

Movie review and fiction specialist | '95 | contact: gilangriy@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"The Devil Made Me Do It", Bukan yang Terbaik tapi Cukup Kelam dan Layak Tonton

3 Juni 2021   15:54 Diperbarui: 3 Juni 2021   20:25 944 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Devil Made Me Do It", Bukan yang Terbaik tapi Cukup Kelam dan Layak Tonton
The Conjuring: The Devil Made Me Do It (Dok. New Line Cinema)

Bagi para pencinta film horor seperti saya, sosok Ed dan Lorraine Warren tentu bukan sosok yang terdengar asing. Mereka berdua merupakan paranormal asal Amerika yang dikenal mengungkap kasus-kasus mistis yang dimulai sekitar tahun 1960-an. 

Saking fenomenalnya, perjalanan kisah misteri keduanya dibuat menjadi film yang tentunya menyeramkan. Rilis pertama tahun 2013, kisah Ed dan Lorraine dikenalkan lewat film The Conjuring.

Film The Conjuring menjadi salah satu film horor yang bisa membuat saya ketakutan. Kala itu saat nonton di bioskop bersama teman-teman, saya tidak bisa melupakan sampai teriak di sana karena memang hantu dan jumpscare yang disajikan benar-benar epik dan bikin parno.

Ikon pertamanya boneka Annabelle adalah yang paling mengundang perhatian masyarakat, hingga di tahun selanjutnya (2014), spin off The Conjuring berjudul Annabelle rilis untuk menceritakan perjalanan kelam boneka tersebut sebelum ditangani oleh Ed dan Lorraine.

Tahun 2016, sekuel film horor favorit saya ini rilis dengan garapan sutradara yang sama, yaitu James Wan. Tak kalah mencekam, The Conjuring 2 pun lagi-lagi berhasil membuat saya ketakutan dan parno.

Seperti di film pertamanya, ada ikon horor baru di sini. Bukan boneka, melainkan hantu biarawati dengan wajah yang benar-benar menyeramkan. Keberhasilan sosok ini membawa kembali jalan cerita The Conjuring universe ke spin off lainnya yaitu berjudul The Nun yang tayang pada tahun 2018.

The Conjuring: The Devil Made Me Do It (Dok. New Line Cinema)
The Conjuring: The Devil Made Me Do It (Dok. New Line Cinema)
Hingga saat ini, The Conjuring universe memiliki 8 film termasuk film terbarunya berjudul The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang tayang di Indonesia tanggal 2 Juni 2021 kemarin. Rincian film dari universe ini antara lain sebagai berikut:
  1. The Conjuring (2013)
  2.  Annabelle (2014)
  3. The Conjuring 2 (2016)
  4. Annabelle: Creation (2017)
  5. The Nun (2018)
  6. The Curse of La Llorona (2019)
  7. Annabelle Comes Home (2019)
  8. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

Dari semua film ini, saya selalu menyempatkan diri untuk nonton langsung ke bioskop, bahkan mengusahakan nonton di hari pertama tayang agar tidak terkenal spoiler lebih jauh. 

Maka dari itu ketika kemarin punya kesempatan untuk nonton, di tulisan kali ini saya akan memberi ulasan terkait film ke-8 The Conjuring universe ini.

Ikon dalam dua film The Conjuring sebelumnya (image by screenrant.com)
Ikon dalam dua film The Conjuring sebelumnya (image by screenrant.com)
Berbeda dengan dua film The Conjuring sebelumnya, kali ini posisi James Wan bukan lagi sebagai sutradara, melainkan produser. Sementara itu sutradara dari film The Conjuring: The Devil Made Me Do It adalah Michael Chaves yang sebelumnya menggarap film The Curse of La Llorona.

Cerita bermula ketika Ed dan Lorraine melakukan eksorsisme di tahun 1981. Saat itu salah satu anggota keluarga Glatzel, yaitu David (seorang anak laki-laki) dirasuki oleh roh jahat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x