Mohon tunggu...
gilang ramadhan
gilang ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya gilang ramadhan mahasiswa dari kampus unikom dan saya senang bermain mobile legend

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Agar Mental Sehat dan Mengapa Mental Harus Sehat

9 Desember 2023   00:29 Diperbarui: 9 Desember 2023   01:02 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut saya mengelola Kesehatan mental itu penting ya apalagi untuk mahasiswa seperti saya. Karna jika mental kita sedang tidak baik baik saja tentu saja akan berdampak buruk kepada perkuliahan contoh nya malas malasan mengerjakan tugas karna mood sedang jelek karna stress atau cemas berlebihan soalnya saya sendiri selalu mengalami itu di karna kan saya sering cemas berlebihan, nah ada beberapa tips dari saya agar mental saya baik baik saja contoh nya

  • Saya biasa nya jika sedang merasa mental saya tidak baik baik saja bercerita ke teman teman terdekat saya karna biasa nya saya jika sedang ada masalah kalo di pendam tambah stress makanya saya lebih suka bercerita ke pada teman teman terdekat saya agar setidak nya ada yg bisa ngasih solusi terhadap masalah yang sedang saya alami
  • Selanjutnya jika sedang banyak masalah  atau pusing dengan tugas tugas kuliah saya pasti menyempatkan bermain kemana mana sendiri karna enak aja jalan jalan sendiri atau pun Bersama teman teman saya
  • Kadang juga saya jika mau uts atau uas saya sempat kan ber olahraga lari pagi di hari minggu atau pun saya suka ngajak badminton sodara saya karna jika sedan gada masalah terus kita olahraga jadi ga terlalu kepikiran masalah yang kita hadapi
  • Dan biasanya juga saya jika sudah pusing dengan tugas tugas kuliah saya pasti lari nya ke game soalnya sesudah maen game suasana hati jadi adem ayem enak jadi bisa ngerjain tugas lagi soalnya saya tipikal orang yg bisa focus mengerjakan tugas lama makanya di selingin dengan game agar tidak bosan
  • Yang terakhir harus nya menghindari begadang soalnya saya sering mengalami sedang banyak masalah begadang ampe pagi nah di Tengah malam nya suka overthinking inilah yg membuat hidup tidak baik kebanyakan overthinking
  • Bisa juga jika membutuhkan psikolog yg terjangkau seperti  di halodok masi ada yg harga nya di 50.000 enak kok disana bisa di ajak sharing para psikolog nya

   Sepertinya sudah segitu saja tips dari saya agar mental baik baik saja seperti nya masi banyak tapi itulah yang biasa saya pakai jika mental saya sedang tidak baik baik saja. Nah kenapa sih saya harus jaga mental saya tetap baik baik saja karna ada beberapa alasan mengapa mental kita harus dijaga dengan baik :

  • Nah yg pertama menurut saya jika Kesehatan mental baik baik saja sangat berpengaruh terhadap produktifitas kehidupan saya seperti mengerjakan tugas jika kita sedang senang tidak ada masalah mengerjakan tugas akan mulus tidak ada hambatan sebaliknya jika sedang tidak baik baik saja mengerjakan tugas malas malasan tidak bersemangat maka sangat penting Kesehatan mental ke produktifitas
  • Yang kedua Kesehatan mental suka berpengaruh terhadap hubungan sosial saya sehari hari seperti saya sedang tidak mood atau sedang merasa cemas pasti saya suka sulit berinteraksi dengan orang lain dan ujung ujung nya saya memilih diam jika saya sedang merasa cemas atau depresi
  • Yang ketiga nya kenapa saya harus menjaga Kesehatan mental saya karna saya jika sedang depresi atau pun cemas emosi saya suka ga terkontrol itu contoh nya gampang emosi tidak bisa di ajak bercanda makanya itu saya harus bisa menjaga mental agar terhindar dari rasa dikit dikit emosian
  • Dan yang selanjutnya Ketika pikiran saya jernih dan bebas dari stress berlebihan saya cenderung membuat keputusan yang lebih baik dalam kehidupan pribadi
  • Yang terakhir ada juga Kesehatan mental memengaruhi kualitas tidur saya seperti jika Kesehatan mental saya baik baik saja kualitas tidur saya bagus seperti tidak susah tidur

 

 Segitu saja mungkin yang bisa saya sampaikan dan jadi dengan menjaga Kesehatan mental kita bisa menjadi orang yang lebih baik kedepan nya karna hidup kita akan kesulitan jika setiap hari nya mental kita tidak sehat. Dan juga mengelola Kesehatan mental sebagai seorang pelajar adalah hal yang penting untuk mencapai kesuksesan akademik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun