Mohon tunggu...
Samuel Suwu
Samuel Suwu Mohon Tunggu... Motorsports Enthusiast

Focusing just about Motorsports Email: Samuelsuwu02@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Fernando Alonso Gagal Mengikuti Gelaran Indy 500 Tahun Ini

22 Mei 2019   23:32 Diperbarui: 22 Mei 2019   23:43 0 0 0 Mohon Tunggu...
Fernando Alonso Gagal Mengikuti Gelaran Indy 500 Tahun Ini
Fernando Alonso dan Tim Mclaren ketika menyelesaikan sesi Kualifikasinya - wthr.com

Fernando Alonso gagal mengikuti gelaran Indy 500 tahun ini setelah dia hanya berhasil menempati posisi ke 34 saat sesi kualifikasi, dari 36 pembalap. Namun hal itu tidak cukup untuk Alonso pasalnya hanya 33 pembalap saja yang diperbolehkan untuk mengikuti balapan nantinya.

Mantan 2 kali juara dunia Formula 1 Fernando Alonso dari akhir tahun kemarin sudah berencana untuk mengikuti ajang Indy 500 (Indianapolis 500) yang adalah gelaran balap tahunan yang diadakan oleh ajang balap IndyCar Series. 

Indy 500 adalah salah satu gelaran balap terbesar di dunia, masih satu level dengan ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours dan salah satu gelaran seri balap F1 yaitu GP Monaco yang ketiga ajang tersebut disebut oleh dunia balap sebagai The Triple Crown of Racing.

Gelaran Indy 500 tahun ini yang biasa di gelar seiringan dengan gelaran seri GP Monaco F1 adalah akan menjadi percobaan kedua Fernando Alonso. Sebelumnya Fernando Alonso memang sudah pernah mengikuti gelaran Indy 500 pada tahun 2017 bersama tim Mclaren yang bekerja sama dengan tim Andretti Autosport, namun sayang Alonso gagal finish dikarenakan masalah pada mesinnya di putaran ke 150.

Pada tahun ini juga Fernando Alonso kembali tergabung bersama tim Mclaren yang kali ini bekerja sama dengan tim Carlin dalam menyediakan segala kesediaan mobil serta manpowernya. 

Carlin sendiri adalah tim yang baru saja bergabung dengan ajang IndyCar Series pada tahun 2018. Kesiapan Alonso dan Mclaren untuk gelaran Indy 500 tahun ini bisa dibilang cukup tergesa-gesa. Mclaren menyiapkan mobilnya hanya berjarak satu bulan sebelum latihan resmi yang diadakan pada awal bulan Mei kemarin.

Fernando Alonso saat mengalami kecelakaan di sesi latihan resmi Indy 500 - fox59.com
Fernando Alonso saat mengalami kecelakaan di sesi latihan resmi Indy 500 - fox59.com
Lalu pada latihan resmi pertama Alonso juga tidak bisa memaksimalkan waktunya tersebut dikarenakan kendala dari mobil Mclaren ini yang mengalami kerusakan di bagian elektroniknya. 

Pada latihan resmi kedua juga tidak jauh berbeda dengan Alonso secara mengejutkan mengalami kecelakaan ketika mobilnya melintir keluar tikungan kedua di lintasan Indianapolis Speedway ini. 

Latihan resmi ketiga untung saja berjalan secara mulus untuk Alonso, namun semua ini sudah terlambat dengan Alonso tertinggal di posisi ke 23 pada akhir sesi dan hanya menyisakan satu kali latihan kembali untuk seterusnya dilanjutkan dengan sesi kualifikasi.

Lalu ketika sesi kualifikasi tiba, Alonso yang diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik dari gelaran Indy 500 tahun ini nyatanya harus mencoba lagi tahun depan ketika dia gagal menempati posisi minimal untuk bisa berlaga di gelaran Indy 500 tahun 2019.

Maaf Alonso, kamu bisa coba lagi tahun depan.