Mohon tunggu...
Ghofiruddin
Ghofiruddin Mohon Tunggu... Penulis - Penulis/Blogger - bastrawan.com

Seorang pecinta sastra, menulis puisi dan juga fiksi, sesakali menulis esai nonfiksi.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Alam Manusia Edane: Pemikiran Manusia Berorientasi Harta

22 November 2021   13:12 Diperbarui: 22 November 2021   14:03 112 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Edane adalah salah satu grup band bergenre Hard Rock asal Jakarta. Grup band yang digawangi oleh Eet Syahranie yang dikenal sebagai salah satu maestro gitaris di Indonesia ini memperoleh puncak kejayaan di era '90an. Sejak berdiri pada tahun 1991 hingga sekarang grup band ini telah menelurkan banyak lagu di blantika musik Indonesia. 

Salah satu lagu mereka adalah Alam Manusia yang merupakan salah satu hits dalam album kedua mereka yang berjudul Jabrik. Puisi yang ditampilkan dalam lirik lagu ini akan dibedah menggunakan metode penerapan impresionistik dan melalui pendekatan estetik serta sosial.

Estetika atau keindahan lirik lagu Alam Manusia ini dapat ditemukan dari diksi atau pilihan kata yang disajikan. Banyak sekali kata-kata atau frase yang bermakna kias dan juga penggunaan gaya bahasa dalam bentuk majas perbandingan personifikasi. 

Ada juga penggunaan simbol yang menggunakan alam untuk merujuk kepada suatu sifat yang ada pada diri manusia. Dari balik estetikanya, 

Alam Manusia memuat begitu banyak kritik sosial yang disarikan ke dalam dua hal, yaitu kemunafikan dan keserakahan manusia. Dua hal ini sering muncul ketika manusia di kehidupan sosialnya berhadapan dengan godaan harta benda. Untuk lebih jelasnya, estetika dan kritik sosial dalam Alam Manusia akan dipaparkan bait per bait.

Bait Pertama

Langit yang jingga

Merengkuh laut utara

Lirih jeritan camar

Mengantar pulang mentari

 

Baris satu dan dua merupakan satu kalimat utuh. Pemisahan menjadi dua baris ini adalah untuk memunculkan keindahan dalam rima yaitu persamaan bunyi /a/ pada kata jingga dan utara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan