Mohon tunggu...
Ghina Maratusholihah
Ghina Maratusholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Unik Guerilla Marketing, Entreupreneur Harus Tau!

6 September 2022   23:58 Diperbarui: 7 September 2022   00:00 804
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

               Dalam dunia kewirausahaan banyak strategi yang perlu disiapkan untuk menjual suatu produk atau barang terutama strategi dalam pengenalan produk. Umumnya sebagai pemilik usaha, founder ataupun owner sering mendengar kata 'pemasaran'. Selain tiga orang tadi kata 'pemasaran' ini cukup sering terdengar juga oleh konsumen. Nah sebenarnya pemasaran itu apa sih? Dikutip dari Investopedia pemasaran memiliki arti sebagai sebuah strategi usaha atau bisnis yang berpacu pada kegiatan yang dilakukan perusahaan dengan tujuan mengenalkan penjualan suatu barang/produk. Dapat di katakan bahwa pemasaran adalah kegiatan yang telah dirancang khusus dan telah di agendakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk mempromosikan produk yang akan di jual.

                Seiring berjalannya zaman dan berkembangnya teknologi menyebabkan adanya perubahan dalam strategi marketing, perubahan  ini disebut strategi pemasaran modern, beberapa strategi pemasaran modern yang sering kita dengar adalah marketing konten dan digital marketing padahal selain dua strategi itu masih ada strategi pemasaran lain yang tak kalah unik dan bisa menjadi rekomendasi para entreupreneur dalam membuat strategi pemasaran. salah satunya adalah guerrilla marketing, strategi ini dapat disebut sebagai surprised strategi karena ada banyak kejutan dan keunikan dalam rancangan pemasarannya.

Guerilla marketing

                Guerilla marketing sering disebut debut sebagai strategi marketing yang aneh, unik, bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai strategi yang tak masuk akal mengapa begitu? Sebenernya apasih guerilla marketing itu? Jay Concard Levinson adalah orang yang pertama kali mengenalkan guerilla marketing sebagai strategi pemasaran modern. Guerilla marketing tercipta ditengah peralihan media elektronik. Yang tadinya media pemasaran di lakukan melalui majalah dan koran namun kemudian di ganti dengan televisi dan radio.

                Guerilla marketing adalah strategi marketing yang bertumpu pada proses dan hasil kreatif, hal ini membuat guerilla marketing tidak menggunakan banyak biaya dan lebih di fokuskan kepada rancangan promosi yang unik dan menarik. Diakarenakan guerilla marketing adalah Teknik pemasaran yang menggunakan kejutan dan interaksi non konvensional untuk mempromosikan barangnya.

Prinsip-prinsip guerilla marketing

Guerilla marketing ini sekilas terlihat dan terdengar sederhana namun sebenarnya tidak, karena guerilla marketing ini promosi yang membutuhkan effort lebih dari perusahaan bukan dari budget nya tapi dari sisi nilai kreativitas yang mampu menarik banyak calon konsumen. Ada prinsip-prinsip yang sebaiknya diperhatikan dan diterapkan dalam guerilla marketing, diantaranya adalah :

  • Budget rendah, prinsip pertama yang umumnya diterapkan dalam Teknik pemasaran ini, guerilla marketing menggunakan Teknik mouth-to-mouth sehingga cukup memancing calon konsumen dengan satu hal kemudian biarkan calon konsumen membicarakannya pada yang lain, dan terjadilah penyebaran informasi dengan Teknik mouth-to-mouth.
  • Bersifat sementara, Guerilla marketing bersifat sementara bukan jangka Panjang karena Teknik pemasaran guerilla hanya iklan dengan konsep surprised.
  • Kreatif dan inovatif, Teknik ini membutuhkan ide-ide baru agar menarik perhatian konsumen, ini adalah poin penting dari Teknik pemasaran guerilla.
  • Penuh kejutan, Penempatan iklan guerilla marketing ini di tempat-tempat tidak terduga dengan cara yang tidak biasa, sehingga para audiens akan terkejut dan tertarik untuk melihat iklan tersebut.
  • Efek yang dihasilkan positif, Tujuan tersirat dari Teknik pemasaran ini adalah menjadi energi positif bagi yang melihatnya. Jadi, pemasaran guerilla ini dibuat sedemikian kreatif agar dapat menghibur audiens.

Jenis-jenis guerilla marketing

  • Stealth marketing

Seperti namanya stealth marketing merupakan Teknik pemasaran produk yang dilakukan secara diam-diam(sembunyi-sembunyi). biasanya perusahaan menggunakan makna tersirat untuk mendefinisikan produknya dalam iklan.

  • Viral marketing

Teknik viral marketing menggunakan perhatian masyarakat yang akan dilibatkan dalam proses penyebaran iklan, cara ini membutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi dalam merancang konten unik dan out of the box.

  • Ambush marketing

Teknik ambush marketing ini biasa ada dalam konser-konser, pertandingan olahraga, dan event launching toko, tempat, produk dan lain-lain.

  • Ambient marketing

Jenis guerilla marketing ini terfokus pada tempat dan kreatifitas, ambient marketing menggunakan Teknik menarik perhatian audiens denga napa yang di lihatnya, seperti menentukan lokasi iklan ditempat terbuka kemudian memasang iklan dengan grafiti dan ilustrasi unik lainnya.

  • Astroturfing 

Teknik astroturfing ini berbeda dengan Teknik sebelumnya, Teknik ini dilakuakn dengan cara menampilkan produk dengan iklan lain.  Singkatnya Teknik ini bertumpangan dengan iklan lain yang sedang ramai dibicarakan.

Keunggulan guerilla marketing

  • Lebih hemat anggaran

Dalam upaya pemasarannya guerilla marketing tidak menghabiskan banyak anggaran. Meski tanpa anggaran yang besarpun strategi guerilla marketing ini tetap bisa menarik perhatian audiens.

  • Lebih dekat dengan calon konsumen dan Mudah viral

Guerilla marketing memiliki ciri khas yang dapat membangun perasaan yang kuat dengan calon konsumen/audiens. Sehingga tak jarang hal tersebut menyebabkan terbangunnya engagement yang baik.

  • Besarnya Peluang Partnership

Guerilla marketing sering melibatkan organisasi/bisnis lain untuk kolaborasi. Dengan berkolaborasi promosi dapat dilakukan dengan sedikit anggaran dan lebih banyak lagi calon konsumen yang di jangkau.

Pembahasan di atas menunjukan bahwa guerilla marketing ini membuat daya tarik yang unik dan sangat berbeda dengan strategi pemasaran pada umumnya, sehingga tak jarang produk yang di promosikan dengan cara ini akan viral. Tanpa biaya yang besar teknik ini mampu menarik perhatian konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun