Mohon tunggu...
Geyonk
Geyonk Mohon Tunggu... Wiraswasta - Warga 62

Photomood, Saya dan kopi hitam .:: IG::.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

"Mengedit" Foto dengan Gamepad

1 Juli 2020   20:55 Diperbarui: 1 Juli 2020   21:13 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengapa saya menuliskan dengan tanda kutip? Satu dasawarsa silam seorang senior mengajarkan pada saya bahwa pascaproduksi atau postpro (post production/post processing) adalah retouching, sebuah proses 'menyentuh ulang' picture element (pixel) maka dari itu kata mengedit saya kasih tanya kutip, mungkin akan mengudang debat tapi biarlah itu terjadi, ini sikap saya(para wibu bilang) seorang kohai yang menghormati senpai-nya.

Jika saya bertanya pernahkah anda mengedit foto mungkin jawabannya hampir 100% pernah, tentu saja motif yang menyertai mengapa melakukan retouching foto akan ada jutaan alasan, dari yang simpel hingga mengubah sebagian besar struktur foto, dari yang hanya ingin dibilang woow, sampai yang membuah gaduh jagad maya, dari yang positif hingga mempunyai niat yang tidak baik semuanya ada.

seperti contoh foto dibawah ini;

Fake TPS
Fake TPS

Aslinya yang ini

Aslinya
Aslinya

Watermark
Watermark

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun