Mohon tunggu...
Geraldi Anugrah Putra
Geraldi Anugrah Putra Mohon Tunggu... try to do my best

Communication SV’IPB55

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Madaya Coffee Kemang Bogor, Kedai Kopi Baru dengan Omzet Puluhan Juta

4 Maret 2020   12:45 Diperbarui: 4 Maret 2020   12:53 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Madaya Coffee Kemang Bogor, Kedai Kopi Baru dengan Omzet Puluhan Juta
MADAYA COFFE KEMANG, BOGOR | Dok. pribadi

Kemang, Bogor (26/02/2020) - Di era millenial sekarang, banyak orang  berbondong bondong membuka usaha, salah satunya kedai kopi atau yang kita kenal dengan Coffee shop. kedai kopi merupakan tempat yang nyaman untuk menikmati secangkir kopi sambil berbincang dengan teman, sahabat, pacar atau hanya sekedar teman mengerjakan tugas.

Deni Harsidin (31) merupakan seorang pemuda yang dulunya bekerja sebagai admin dibagian pengembangan sayur di zona madinah dompet dhuafa. Zona Madina Dompet Dhuafa adalah kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan, dibangun di atas tanah wakaf seluas 8,5 Hektar di wilayah Kemang Bogor.

Bulan Agustus 2019 silam Deni disekolahkan oleh zona madinah dompet dhuafa disalah satu sekolah barista selama kurang lebih satu bulan, setelah menyelesaikan sekolahnya Deni akhirnya membuka kedai kopi di kawasan zona madinah. Awalnya kedai kopi ini merupakan rumah kopi atau tempat pengolahan biji kopi melalui proses roasting. Biji kopi yang digunakan pada rumah kopi ini merupakan biji kopi yang di tanam langsung oleh kelompok petani dibawah naungan zona madinah dompet dhuafa,  kini rumah kopi ini tidak hanya menjadi tempat penglolahan biji kopi, namun telah menjadi rumah produksi sekaligus kedai kopi yaitu Madaya Coffe dengan Deni sebagai Head Baristanya.

Madaya Coffee didirikan pada November 2019 silam, kedai kopi ini memang tersembunyi di dalam kawasan zona madinah, tempatnya pun tidak se aestetic kedai kopi pada umumnnya, namun menariknya kedai kopi ini dapat meraup omzet yang cukup besar perbulannya, padahal kedai kopi ini baru saja berdiri beberapa bulan silam, karna Madaya Coffe ini ramai dibeli para pegawai ataupun pengunjung di zona madinah dompet dhuafa, jadi dizona madinah dompet dhuafa ini terdapat banyak sekali instansi seperti rumah sakit, sekolah, tempat wisata dan lain lain yang semuanya di naungi oleh dompet dhuafa. Jadi walaupun tersembunyi kedai kopi ini laku keras dibeli pegawai ataupun pengunjung yang lagi berkunjung di kawasan zona madinah tersebut.

Mayada coffe menjual berbagai varian minuman kopi yang kekinian dengan harga yang sangat ramah kantong yaitu hanya dikisaran 8 ribu - 20 ribu saja, selain minuman kopi Madaya coffe juga menjual minuman non coffee seperti greentea, coklat, dan lain lain yang tidak kalah enak dan murah.

Daftar menu Madaya Coffee | Dokpri
Daftar menu Madaya Coffee | Dokpri

Ketika ditanyai terkait apa yang ia harapkan untuk Madaya Coffe, Deni berkata dia akan melakukan berbagai inovasi agar bisnis ini bisa meningkat lebih pesat.

"Saya ditantang pimpinan bagian KMM Dompet dhuafa untuk bisa membangun bisnis UMKM ini menjadi lebih besar lagi dan saya akan mengusahakan yang terbaik untuk menjadikan Madaya Coffe ini menjadi lebih maju dan dikenal masyarakat" tutur Deni yang merupakan pendiri sekaligus head barista di Madaya Coffee.

VIDEO PILIHAN