Mohon tunggu...
Gerald Arnold B.
Gerald Arnold B. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Hukum

Hallo!!!

Selanjutnya

Tutup

Hukum

PERAN DAN HUBUNGAN HUKUM ISLAM DALAM HUKUM NASIONAL

30 September 2022   01:01 Diperbarui: 30 September 2022   06:56 166 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

VIVA JUSTICIA!!!

Sebelum mengetahui tentang Hubungan Hukum Islam dan Hukum Nasional, mari kita mengetahui lebih dulu tentang pengertian atau definisi Hukum Islam dan Hukum Nasional Indonesia:

  • Hukum Islam adalah syariat yang berarti aturan yang diadakan oleh Allah untuk umat-Nya yang dibawa oleh seorang Nabi SAW, baik hukum yang berhubungan dengan kepercayaan (aqidah) maupun hukum-hukum yang berhubungan dengan amaliyah (perbuatan) yang dilakukan oleh umat Muslim semuanya. Di Indonesia Hukum Islam juga berarti sebagai sistem kaidah-kaidah yang didasarkan merujuk pada wahyu Allah SWT dan Sunnah Nabi Muhammad SAW mengenai tingkah laku mukallaf (orang yang sudah dapat dibebani dengan kewajiban) yang diakui dan diyakini, yang mengikat bagi semua pemeluknya.

  • Hukum Nasional adalah peraturan hukum yang berlaku di suatu Negara yang terdiri atas prinsip-prinsip serta peraturan yang harus ditaati oleh masyarakat pada suatu Negara. Hukum Nasional di Indonesia adalah hukum yang terdiri atas campuran dari sistem hukum agama, hukum eropa, dan hukum adat.

PERAN HUKUM ISLAM DALAM HUKUM NASIONAL

Hukum Islam memiliki peran dalam pembentukan atau pembangunan Hukum Nasional Indonesia terdiri dari 2 sisi, yaitu yang Pertama dari sisi Hukum Islam sebagai salah satu sumber pembentukan Hukum Nasional. Kedua, yaitu diangkatnya Hukum Islam sebagai hukum positif yang berlaku khusus dalam bidang hukum tertentu. Atau lebih jelasnya peran Hukum Islam dalam Hukum Nasional, yaitu:  

  • Hukum Islam berperan dalam mengisi kekosongan hukum dalam hukum positif yang dalam hal ini hukum Islam diberlakukan oleh Negara sebagai hukum positif bagi umat Islam.
  • Hukum Islam berperan sebagai sumber nilai yang memberikan kontribusi terhadap aturan hukum yang dibentuk berdasarkan politik hukum nasional.

Pada era reformasi ini juga lahir Perundang-undangan yang dapat memperkokoh Hukum Islam, di antaranya:  

  1. Undang-undang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

  2. Undang-undang Pengelolaan Zakat.

  3. Undang-undang Wakaf.

  4. Undang-undang Penyelenggaraan Keistimewaan di Aceh.

  5. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Hukum Selengkapnya
    Lihat Hukum Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan