Mohon tunggu...
George Meikal
George Meikal Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

saya adalah orang yang simpel, tp kritis terhadap smua permslahan apalgi jika diberlkukan tidak adil

Selanjutnya

Tutup

Diary

Penipuan Gratis Ongkir oleh Seller Lazada Mall Indonesia

4 Januari 2024   19:36 Diperbarui: 4 Januari 2024   20:09 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok.tangkap layar dari lazmall lazada

Pada tanggal 28 Desember 2023 Saya Memesan 1 Unit AC di Samsung Exclusive Lazada Mall dengan Hara 3.288.000 dengan Nomor Pesanan 1347477797875506. Pada deskripsi Produk menerangkan mengenai Detail Produk dan Layanan gratis ongkir yang ditawarkan adalah Gratis Ke Seluruh wilayah Indonesia. Hal inilah yang membuat saya menjadi sangat tertarik untuk mebeli produk tersebut diatas. Setelah melakukan Pembayaran pesanan saya langsung menghubungi pihak seller di menu cahting dengan harapan agar barang segera diproses dan dijawab silahkan menunggu saja sesuai dengan estimasi pengiriman. berselang dari tanggal 29 sampai dengan 2 Januari sayapun intens untuk menanyakan satatus Prodak yang belum kunjung masuk ke tahap pengemasan dan pengiriman. 

hal tersebut tetap dijawab silahkan menunggu saja sesuai estimasi yang di tentukan. sayapun inisiatif berkoordinasi dengan pihak Cs Lazada mengenai hal tersebut. Tapi hal yang disampaikan adalah Ekpedisi yang digunakan oleh pihak Samsung tidak bekerjasama dengan Lazada, jadi untuk pengecekan status pesanan harus mengecahat langsung ke pihak Seller Samsung. Alangkah senangnya bertepatan Tanggal 3 Januari 2023 Pesanan saya masuk pada tahap pengemasan dan akan diserahkan oeleh seller kepada Jasa Pengiriman. tapi hal yang mengagetkan adalah Pihak Samsung menyampaikan bahwa Produk tersebut tidak bisa dikirimkan di alamat saya (Alamat Pengiriman Kep. Sitaro, Propinsi Sulawesi Utara).

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi

Hal yang membuat saya kecewa adalah Jika sejak awal Pesanan Saya Tidak bisa menjangkau alamat saya, kenapa untuk proses Cahckout berhasil, karena setau saya saat alamat dari  produk di Lazada yang dipesan tidak bisa dijangkau, maka layanan Cahckout akan berwarna Merah dan tidak bisah melanjutakn ke tahap pembayaran. poin lain yang sangat krusial adalah kenapa saat saya hampir tiap hari konfirmasi ke pihak Samsung hal tersebut tidak langsung disampaikan saja supaya tidak membuang waktu saya saja dengan langsung membatalkan pesana tersebut di hari saya memesan dan nanti di sampaikan tanggal 3 Januari 2024. ini menujukan kebobrokan layanan Samsung Exclusive termasuk Lazada.

 Sayapun menghubungi CS Lazada dan Langsung dihubungi dan dibuat tiket pelaporan Nomor 25000001365599218 dan dijanjikan akan dikonfirmasi 1x 24 jam setelah saya melakukan pelaporan mengenai hal tersebut. Dalam Percakapan Via teelefon dengan CS Lazada Saya dijanjikan untuk dicarikan solusi terbaik mengenai permaslahan saya. 

Pada tanggal 4 Januari 2024 sekitar Pukul 18:00 Wib Saya pun Dihubungi Oleh Pihak Lazada. dengan Sangat menyesal hal yang disampaikan sangat merugikan saya selaku pembeli. Dimana Titik beratnya bahwa Pesanan saya tidak bisa diporses ke tahap selanjutnya. 

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi

Hal yang ditampilakan Pada deskripsi Produk bersifat Menjebak dan menipu Calon Pembeli. Secara tidak Langsung melakukan diskriminasi terhadap wilayah Tertentu seolah-olah wilayah saya tidak termasuk di wilayan Indonesia. Karena sesuai dengan deskripsi Gratis Ongkir Ke seluruh wilayah Indonesia. dan alangkah kagetnya untuk menghindari masalah ini deskripsi produk langsung di update dengan menambahkan *Hanya menjagkau wilayah tertentu. Hal ini membuat saya lebih kecewa dengan  mengubah deskripsi tersebut seolah- olah saya yang berbohong, padahal jelas sebelum kejadian ini kalusa diatas tidak ada. dan yang membuat saya lebih kecewa dari pihak Lazada tidak ada solusi kongkrit yang menguntungkan pengguna dan lebih membela seller yang notabene telah melakukan kesalahan tersebut.

tangkap layar pribadi
tangkap layar pribadi

Sebenarbnya dari aspek Hukum, bahwa Deskripsi Produk tidak sesuai dengan realita merupakan suatu kejahatan Penipuan terhadap Konsumen. dan ini sangan berakibat fatal. mana tanggungjawab dari kalian? hanya mementingkan Profit tampa mempedulikan value dan pengalaman berbelanja dari pembeli. bukankah itu merupakan kejahatan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun