Mohon tunggu...
George Wijaya
George Wijaya Mohon Tunggu... -

Warga Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik

Kecewa Message dari Admin Kompasiana

26 Juli 2014   05:00 Diperbarui: 18 Juni 2015   05:12 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada hari ini, tanggal 25 Juli 2014 jam 14;08, saya menerima massage dari admin Kompasiana sbb :

Posting Mendiskreditkan Nama Baik

From Kompasiana

25 July 2014 : 14:08

Untuk menjaga suasana kondusif, kami mempersilakan Anda berinteraksi dengan santun dengan menghindari pernyataan yang bersifat melecehkan, merendahkan, maupun menyerang pribadi dan/atau unsur-unsur SARA. Pemberitahuan ini berlaku sebagai peringatan sebelum sanksi pembekuan akun diberlakukan jika ditemukan laporan atau bukti lain atas pelanggaran serupa di kemudian hari.

Silakan laporkan berbagai bentuk pelanggaran atas Ketentuan Layanan dan Ketentuan Konten Kompasiana melalui fitur-fitur laporan yang tersedia. Sertakan tautan/link URL lokasi pelanggaran untuk kami pelajari.

Kompasiana

Dikarenakan pada hari ini, pada tanggal 25 Juli 2014, lebih jam 13:40 saya menulis post type opini pada post rubric politik dengan title : Prabowo Setan Laknatullah ke MK. Maka saya berasumsi dengan berdasar bahwa message dari admin Kompasiana adalah terhadap tulisan saya tersebut.

Message itu langsung saya reply untuk mengklarifikasi kata, frasa, atau kalimat yang mana sebenarnya yang terdapat pada tulisan tersebut yang diartikan sebagai melecehkan,…dll seperti pada message tersebut, karena saya sangat yakin bahwasanya hal – hal tersebut adalah tidak ada terdapat pada tulisan saya tersebut. Dan saya jelaskan juga, bahwa saya adalah telah mengikuti Terms&Condition dari Kompasiana, dsb…dsb. Juga, bahwa kalaupun ada kompasioner vyang melaporkan , untuk hendaklah admin Kompasiana terlebih dahulu membaca tulisan tersebut secara utuh.

Dikarenakan tidak adanya respon balik dari reply yang saya kirimkan, maka perlu kiranya saya sampaikan disini, bahwa seperti yang saya jelaskan di reply saya tersebut. Agar kiranyalah di kemudian hari, Kompasiana dapat eksplisit menjelaskan, kata, frasa, atau kalimat mana dari tulisan saya tersebut yang tidak sesuai dengan Terms&Condition, dan/atau bersifat melecehkan, merendahkan, maupun menyerang pribadi dan/atau unsur-unsur SARA, seperti yang dikemukakan.

Pada pertama message tersebut tertulis : Pemberitahuan ini berlaku sebagai peringatan sebelum sanksi pembekuan akun diberlakukan jika ditemukan laporan atau bukti lain atas pelanggaran serupa di kemudian hari.

Pemahaman saya terhadap kalimat kedua tersebut adalah: jika ditemukan laporan atau bukti lain, adalah seakan akan pada tulisan saya tersebut telah ada bukti bahwa tulisan saya tersebut bersifat melecehkan, dll…

Perlu saya sampaikan, bahwa apabila membaca tulisan saya tersebut, sebenarnya kontennya adalah himbauan mengajak pembaca Kompasiana, agar perihal gugatan Prabowo ke MK agar kiranya dapat kita lihat lebih jernih sebagai hak dari Prabowo sebagai warga negara, dan tidak menghujatnya seakan akan Prabowo adalah setan laknatullah. Dan kita semua adalah malaikat.

Saya tidak berkeberatan, dan adalah sangat memaklumi ketika admin Kompasiana kemudian merubah title dari tulisan saya tersebut menjadi : Prabowo ke MK. Karena adanya subjektifitas Kompasiana terhadap tulisan yang dipublish adalah telah jelas diuraikan pada

Item 6 dari KETENTUAN KONTEN sbb :

Terkait Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Kompasiana, Kompasianer mengizinkan Admin untuk:

Menghapus isi konten, pesan, foto, gambar, dan/atau komentar yang melanggar Syarat dan Ketentuan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.

Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan untuk keperluan penayangan Headline. Admin menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan.

Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten maupun Kompasiana secara keseluruhan.

Menyunting Judul, Isi, Tag, Jenis dan Kategori Tulisan.

Mengubah waktu tayang Konten.

Menurut saya kalimat pemberitahuan ini berlaku sebagai peringatan sebelum sanksi pembekuan akun diberlakukan adalah kalimat yang berkesan terlalu subjektif, dan menjadi berkesan arogan, dan kurang sejalan dengan alinea pertama dari SYARAT DAN KETENTUAN. Dimana tertulis sbb :

Kompasiana adalah sebuah situs web (website) yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai Kompasianer (sebutan bagi pengguna Kompasiana). Kompasianer diberi kebebasan untuk mengemukakan, mengekspresikan, serta menyampaikan berbagai gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan, sepanjang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Semoga ke depan, komunikasi dan interaksi yang lebih baik dapat terjalin antara seluruh kompasioner dengan admin Kompasiana, dan juga antara sesama Kompasioner tentunya.

Salam Kompasiana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun