Mohon tunggu...
Niken Launingtia
Niken Launingtia Mohon Tunggu... Dosen di Bali

Hai, saya dari Bali. Saya baru belajar untuk menulis 🙏🙏☺️

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Perbedaan Partikel "ni" dan "e" Ikimasu

18 November 2020   10:22 Diperbarui: 18 November 2020   10:36 157 7 0 Mohon Tunggu...

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan partikel "e ()" dan partikel "ni ()" karena mahasiswa saya bingung tentang partikel dan menempatkan suatu partikel tersebut. Maka dari itu saya tertarik mengangkat artikel tentang perbedaan partikel ini.  

Dalam pembelajaran bahasa Jepang ada beberapa partikel yang masih belum tau perbedaan setiap partikel, seperti kapan digunakan partikel "ni ()" dan "e ()" saat akan membuat suatu kalimat, sedangkan dibuku itu diberikan contoh kalimat "gakkou e/ni ikimasu (/)" yang artinya pergi ke sekolah tanpa memberikan penjelasan tentang kalimat itu. 

Jadi dalam satu kalimat terdapat partikel "e ()" dan "ni ()", kalimat itu menjadi membingungkan partikel yang mana yang baik untuk digunakan. Maka dari itu dalam artikel ini saya mencoba menjelaskan sedikit tentang perbedaan partikel ini dan saat kapan saja digunakan partikel ini. Jika ada pendapat saya tentang partikel ini masih kurang mohon ditambahkan lagi ya. 

Saya akan membahas pertama tentang partikel "e ()". Partikel "e ()" ini biasanya digunakan untuk membuat kalimat,sebagai berikut.

1. "Asatte wa Gakkou e ikimasu ()" yang artinya dua hari lagi pergi ke sekolah. 

2. "Ashita wa Nihon e ikimasu ()" yang artinya besok pergi ke Jepang.

Dalam kalimat pertaman ini menurut saya hanya memberitahu bahwa dia pergi ke sekolah, namun tujuannya belum pasti. Bisa dia kesekolah itu bermain, belajar,bertemu teman atau ada sesuatu hal disekolah. 

Dalam kalimat kedua juga hanya memberikan informasi bahwa dia pergi ke Jepang tanpa penjelasan dia di Jepang akan melakukan kegiatan apa di Jepang.

Kemudian partikel "ni" contoh kalimatnya sebagai berikut.

1.  "Asatte wa gakkou e benkyou suru ni ikimasu ()" yang artinya dua hari lagi pergi ke sekolah untuk belajar. 

2. "Ashita wa shutchou e nihon ni ikimasu ()" yang artinya besok akan ke Jepang untuk melakukan perjalanan dinas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN