Mohon tunggu...
gede ronin
gede ronin Mohon Tunggu... Dosen - profil

Profil penulis yaitu baru belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Tim Dosen INSTIKI Gencar Melakukan Edukasi Pengelolaan dan Pemilahan Sampah dalam Mendukung "Zero Waste" di Masyarakat

23 November 2022   17:07 Diperbarui: 23 November 2022   17:44 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pengelolaan sampah menjadi suatu keharusan bagi setiap lapisan masyarakat, dari scope rumah tangga hingga dapat dikelola oleh pihak Desa. 

Proses ini dilakukan pada Pemerintahan desa Pecatu, namun ironisnya terdapat kelemahan dalam pengelolaan sampah yaitu belum mampu menangani sampah pada unit jasa pengelolaan sampah secara maksimal karena sampah belum terpilah di sumber timbulannya, mesin yang kurang bagus, serta belum menemukan formula tepat menangani masalah residu. 

Melihat fenomena tersebut maka Tim Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Bpk Dr. I Kadek Budi Sandika, S.T., M.Pd, bersama dengan anggota tim yaitu Ni Kadek Ariasih, S.Kom., M.T. , Dr. I Ketut Sutarwiyasa, S.Sn., M.Si., Putu Surya Wedra Lesmana, S.T., M.Eng. , Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G., S.Kom., M.Kom.,  Komang Kurniawan Widiartha, S.Kom., M.Cs. ,  Ni Luh Putu Mery Marlinda, S.Pd., M.Pd. , I Gusti Agung Indrawan, S.T., M.T. 

Tim PKM ini berinisiatif dalam upaya membantu pihak desa Pecatu dalam melakukan optimalisasi pengelolaan sampah melalui proses pemilihan. proses edukasi kepada masyarakat sebagai target dari transfer knowledge tata cara pemilahan sampah, karena masyarakat merupakan sumber timbulan dari pengelolaan sampah.   

Dok pribadi
Dok pribadi

Kegiatan PKM ini memberikan solusi yang ditawarkan dengan sumber daya yang dimiliki adalah sosialisasi, edukasi dan pendampingan pemilahan sampah di sumber timbulan sampah/pelanggan. Hasil PKM berfokus pada  kegiatan pendampingan program pemilahan sampah ditargetkan pada 5% pelanggan unit jasa pengelolaan sampah.

Tahapan kegiatan  yang direncanakan adalah persiapan, FGD unsur pemerintahan desa dinas dan desa adat, sosialisasi pemilahan sampah, monitoring pelaksanaan pemilahan sampah disumbernya, serta evaluasi kegiatan. 

Berdasarkan dari penjelasan Ketua Tim yaitu Bpk. Dr. I Kadek Budi Sandika, S.T., M.Pd menjelaskan "bahwa kegiatan berjalan sangat lancar dan pihak pemerintah desa Pecatu mendukung sepenuhnya, serta antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan edukasi dan pendampingan yang sangat baik.

Sehingga  hasil kegiatan pengabdian PKM menunjukkan tingkat pemahaman dan konsistensi masyarakat pada proses pemilahan sampah rerata adalah 63% dengan fokus kegiatan pada Sosialisasi, pendampingan, monitoring, dan evaluasi pemilahan sampah pada pelanggan jasa angkutan sampah. 

Semoga kegiatan ini dapat terlaksana secaa berkelanjutan dalam upaya peningkatan pemahaman terhadap pengelolaan dan pemilahan sampah dalam upaya mendukung "Zero Waste" pada masyarakat. "

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun