Mohon tunggu...
Geba MawarSaron
Geba MawarSaron Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hoby Memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Prestasi Belajar

11 November 2022   16:34 Diperbarui: 11 November 2022   16:33 424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada zaman sekarang dimana semua situasi, kondisi dan kebiasaan sudah banyak mengalami perubahan termasuk aspek sosial, banyak  orang yang kesulitan berkembang hanya karna faktor eksternal atau pengaruh buruk yang mengancam kesehatan mental orang tersebut dan hal ini akan sangat fatal jika kita tidak mewaspadai nya. Sebelum membahas lebih jauh, apa kesehatan mental itu dan mengapa penting untuk diperhatikkan? 

Kesehatan mental merupakan keadaan dimana seseorang memiliki ketentraman, kesejahteraan, dan ketenangan di dalam hidupnya, ia akan selalu produktif dan banyak memberikan berkontribusi terhadap orang di sekitarnya. Kesehatan mental penting karena setiap individu berhak mengekspesikan diri sebagaimana mestinya karena setiap orang berhak menerima ketentraman dan ketenangan tersebut, meskipun terkadang ada pengaruh buruk yang harus diterima. 

Kesehatan mental merupakan salah satu kajian psikolofi yang dikenal sejak abad ke-19, ini adalah ilmu praktis namun tidak boleh di anggap remeh karena ini penting bagi penunjang masadepan peserta didik tetapi juga banyak di praktik kan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bentuk bimbingan konseling yang terjadi di semua aspek kehidupan individu seperti rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pada artikel ini pembahasan akan berfokus pada  aspek pendidikan (sekolah).

Pada hakekatnya perkembangan peserta didik ditentukan oleh lingkungan pergaulan nya, ketika lingkungan tersebut mendukung untuk mengembangkan potensi siswa ke arah yang  lebih baik maka kesehatan mental nya pun akan terpengaruh.

Prestasi belajar memiliki kaitan erat dengan kesehatan mental, jiwa adalah salah satu bagian yang sensitif dan perlu dijaga kesehatan nya begitu juga dengan prestasi belajar, siswa tentunya memiliki keinginan besar untuk mencapai cita-cita nya dengan optimal, itulah mengapa kesehatan mental dan prestasi belajar sangat berkaitan erat karena keduanya memiliki fungsi dan peran yang penting bagi tumbuh dan kembang individu. Dapat kita lihat bahwa ketika seseorang memiliki taraf kesehatan mental yang baik maka prestasi belajar nya akan baik pula, begitu pun sebaliknya jika kesehatan mental anak menurun maka prestasi belajar nya akan menurun, lantaran pada diri anak ada fungsi-fungsi jiwa dengan keinginan siswa yang tidak terealisasi menyebabkan jiwa nya terganggu akhirnya motivasi belajar nya menurun yang akan mempengaruhi juga prestasi belajar nya.

Artikel ini tidak hanya terfokus pada peserta didik nya saja tetapi diharapkan pengetahuan dan juga pemahaman dari pimpinan sekolah, para guru, termasuk guru BK tentang kesehatan mental ini meskipun terkadang banyak diantara mereka yang tidak menyadari bahwa muridnya membutuhkan pertolongan bagi mentalnya, namun seharusnya dari motivasi belajar didalam kelas sudah terlihat bahwa mental nya sedang terganggu atau tidak. Pimpinan dan para guru dapat menciptakan situasi kehidupan di sekolah baik secara fisik, emosional, sosial, maupun moral spiritual dalam rangka perkembangan kesehatan mental peserta didik yang optimal. Sebagai guru sebaiknya tidak hanya berfokus pada materi pembelajaran saja tetapi juga memperhatikan atau mengamati masalah kesehatan mental yang dapat ditangani sendiri.

Karakteristik kesehatan mental, yakni:

  • Terhindar dari gangguan jiwa baik neurosa maupun psikosa
  • Mampu menyesuaikan diri
  • Mampu memanfaatkan potensi secara maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun