Mohon tunggu...
GawaiKita
GawaiKita Mohon Tunggu... Service Laptop Kota Bandung

GawaiKita, solusi perbaikan Laptopmu!

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Cara Membedakan Charger Laptop Ori dan Palsu

5 Mei 2021   09:57 Diperbarui: 5 Mei 2021   09:59 135 1 0 Mohon Tunggu...

Kita harus berhati-hati ketika akan membeli aksesoris laptop terutama komponen terpenting seperti charger atau adaptor. Saat ini telah banyak produsen yang memproduksi produk tiruan atau KW dari berbagai macam merek yang sangat mirip dengan produk aslinya. Tidak hanya beredar pada toko online, toko offline pun sering menjual charger laptop palsu. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah pada jenis dan kualitas komponen di dalamnya, seperti sistem pendingin, sirkuit charger, kualitas solder dan PCB. 

Penggunaan charger laptop palsu akan berakibat buruk bagi laptop karena ketidakstabilan arus listrik yang akan menyebabkan kerusakan pada baterai, arus pendek pada mainboard, touchpad yang tiba-tiba bergerak sendiri hingga laptop menjadi cepat panas dan komponen didalamnya akan rusak secara permanen. Untuk keamanan dan ketahanan laptop, berikut beberapa tips untuk membedakan charger laptop Ori dan KW.

  1. Perbedaan dari segi harga

Harga yang ditawarkan oleh penjual charger kw biasanya lebih murah daripada charger biasanya. Jika biasanya harga charger bisa di bandrol 300 – 500 ribu rupiah atau bisa jadi 2x lipat dari harga KW. Semua harga tergantung dari merek dan tipe laptopnya. Jadi jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.

  1. Perbedaan dari segi komponen Charger

Perbedaan yang kedua adalah dari komponen chargernya, biasanya ini susah dilihat secara langsung. Namun yang harus diperhatikan adalah charger laptop original memiliki komponen yang berfungsi sebagai pengaman voltase tinggi, filtrasi dan sebagai penahan arus yang kuat agar tidak ada kebocoran arus. Selanjutnya komponen lain yang mencolok juga adalah dari sistem pendingin, sirkuit charger, kualitas solder dan PCB. Hal tersebut yang membuat arus listrik dan pendinginan lebih stabil sehingga baterai laptop akan lebih awet dan lebih aman. 

  1. Perbedaan dari segi daya yang dihasilkan

Daya yang dihasilkan oleh charger original cenderung lebih stabil daripada charger KW. Karena Charger KW memiliki kemampuan konversi yang buruk. Hal ini dapat dibuktikan dengan charger yang cepat panas ketika digunakan.

  1. Perbedaan dari segi berat

Charger original biasanya lebih berat daripada charger KW, karena komponen didalamnya sangat detail dan kompleks seperti komponen filtrasi, penahan arus dan pengaman voltase yang tidak ada di dalam charger KW.

  1. Perbedaan pada stiker Informasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN