Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Kejar Pembangunan PDN, Menkominfo Johnny G Plate Gaet Investor Korsel

25 Juni 2022   13:44 Diperbarui: 25 Juni 2022   13:49 264 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menkominfo Johnny G Plate saat menyampaikan pidatonya dalam kunjungan ke Batam (Sumber_ Kominfo)

Hari itu, 23 Juni 2022, Menkominfo Johnny G Plate beserta jajarannya memulai kegiatannya di Kawasan Nongsa, Turi Beach, Batam. Di kawasan itu, bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah Kepri Jefrydin guna membahas pembangunan Pusat Data Nasional (PDN). 

Percepat PDN, Menkominfo Johnny G Plate Tarik Investasi Korsel

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo Johnny G Plate menyaksikan serah terima sertifikat lahan PDN dari Kepala Kantor Pertanahan kepada Sekretaris Direkorat Jenderal Aptika, Slamet Santoso.

Dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa, rombongan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melanjutkan kunjungannya ke lokasi PT. Schneider Electric Manufacturing, Batam. Di sana, rombongan melihat produk-produk yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

"Jadi kaitannya berupa prinsipal yang memiliki andil dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Ini juga perlu dikembangkan karena memang saat ini kita sama-sama tahu, kekuatan UMKM kita cukup besar menyumbang 60% dari GDP nasional," ungkap Direktur Layanan Aplikasi Informatika (LAIP) Ditjen Aptika, Bambang Dwi Anggono saat ditemui di VIP Room Bandara Internasional Hang Nadim, Kepulauan Riau, Batam.

Selain itu, kunjungan Menkominfo ke Batam juga untuk melanjutkan pembicaraan dengan Menteri Dalam Negeri dan Pertahanan Republik Korea Selatan H.E. Lee Sang Min digelar pada 16 Juni 2022. 

"Pemerintah Republik Korea diundang ke sini karena pembiayaan Pusat Data Nasional yang ada di Batam ini melalui Pemerintah Korea melalui skema Government-to-Government (G2G). Jadi biar mereka juga tahu perkembangannya sampai di mana. Selain itu, kita juga mengundang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemda setempat karena dalam hal membangun PDN itu mencakup proses perizinan," jelas Bambang.

Selain itu Korea Selatan juga menawarkan kerja sama dalam program pengembangan smart city, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang terkait program Digital Talent Academy,  dan pengelolaan riset 5G serta pengelolaan spektrum frekuensi.

Roadmap Indonesia Digital 2021-2024: Kominfo Kejar Pembangunan PDN

Upaya Menkominfo menarik investasi bagi pembangunan infrastruktur Pusat Data Nasional (PDN) tidak lepas dari percepatan program Roadmap Indonesia Digital 2021-2024. Sebagaimana diketahui Roadmap Indonesia Digital 2021-2024 memiliki lima inisiatif. Dan, pada inisiatif kelima disebutkan tentang pembangunan Pusat Data Nasional dan Whole-of-Government Cloud. 

Saat bertandang ke Kementerian Kominfo, Pemerintah Korea menyampaikan minat berinvestasi dalam pembangunan PDN di empat lokasi, yaitu Ibu Kota Nusantara, Bekasi, Kalimantan Timur, dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Pembangunan PDN di empat lokasi tersebut data seluruh masyarakat merupakan komponen kekuatan nasional yang mengharuskan pemerintah menerapkan redudansi atau duplikasi penyimpanan data yang sama secara berulang dalam beberapa file sebagai langkah "back up" data.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan