Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kilau Digital Permata Flobamora: Langkah Menkominfo Johnny Plate Dorong OVOP di NTT

19 Juni 2021   10:32 Diperbarui: 19 Juni 2021   11:11 363 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kilau Digital Permata Flobamora: Langkah Menkominfo Johnny Plate Dorong OVOP di NTT
Pelatihan UMKM di NTT (Sumber Kilaudigitalpermataflobamora.id)

Saat menghadiri puncak acara "Kilau Digital Permata Flobamora" yang dihelat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Johnny G. Plate mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meng-go digital-kan promosi penjualannya sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

"Saya dorong UMKM ultramikro dan artisan Flobamora untuk onboarding digital," ujar Johnny sebagaimana yang dikutip Antaranews.com.

Dalam acara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang dinahkodai Johnny merupakan penyelenggara utama dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai pendukungnya.  

Kilau Digital Permata Flobamora sendiri merupakan tema dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia seri Juni 2021. Sementara, Flobamora adalah kawasan kepulauan di Nusa Tenggara Timur, meliputi Flores, Sumba, Timor, dan Alor. 

Program ini merupakan komitmen untuk mengangkat roda perekonomian dan budaya NTT melalui transformasi digital, termasuk di bidang UMKM, pertanian, pariwisata, pendidikan, kesehatan, agar bangkit, berkembang, berjaya di negeri, dan berkilau ke penjuru dunia.

"Saya dorong UMKM ultramikro dan artisan Flobamora untuk onboarding digital," ujar Johnny sebagaimana yang dikutip dari antaranews.

Lebih lanjut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) asal Partai Nasdem ini pun menjelaskan bila acara "Kilau Digital Permata Flobamora" digelar sebagai bagian dari tema besar kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Lewat Kilau Digital Permata Flobamora, Johnny Plate Targetkan 30 UMKM 

"Target kami adalah hasil karya artisan, kehebatan-kehebatan local wisdom itu harus bisa ditampilkan di dalam ruang digital melalui marketplace untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas, tidak saja pasar domestik tapi juga cross border atau lintas negara," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo Johnny Plate juga menargetkan 30 juta pelaku UMKM telah tergabung dalam ekosistem digital pada 2024. Jika mencermati data terkait UMKM, target pemerintah yang disampaikan Johnny dalam acara Kilau Digital Permata Flobamora ini tidak berlebihan.

Pertama, jumlah UMKM yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 64 juta. Artinya, jumlah UMKM mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Jumlah ini juga menunjukkan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Dengan begitu, mendorong pelaku UMKM sama artinya dengan mendorong perekonomian nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN