Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Swasta

life through a lens..

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Petenis Jepang Kian Berkibar, Kini Terdepan di Asia

21 Oktober 2019   12:44 Diperbarui: 21 Oktober 2019   12:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Petenis Jepang Kian Berkibar, Kini Terdepan di Asia
Yuichi Sugita (sumber: Vaaju.com - Stock Photography, foto oleh: Ng Han Guan / AP / TT)

Pecinta tenis Jepang kini sedang tersenyum. Pasalnya sepanjang kuartal keempat tahun 2019 ini, beberapa petenis Jepang mengukir prestasi bagus di turnamen tenis global. Kesuksesan petenis Naomi Osaka dan Kei Nishikori nampaknya menginspirasi mereka, bahkan mungkin menjadi pelecut semangat mereka.

Yuichi Sugita, petenis putra Jepang peringkat 129 ATP, baru-baru ini menorehkan catatan terbaiknya di turnamen ATP level 250. Tampil sebagai pemain lucky loser, ia mampu menembus babak semifinal turnamen Intrum Stockholm Open 2019 yang digelar di Stockholm, Swedia. Turnamen tersebut berlangsung pada 14-20 Oktober 2019.

Di turnamen tersebut, Sugita sebetulnya sudah tersingkir di babak final kualifikasi. Beruntung, petenis Spanyol Fernando Verdasco menarik diri dari turnamen. Sugita yang terpilih mendapatkan fasilitas tersebut tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Ia berhasil melewati babak demi babak  sebelum akhirnya terhenti di babak semifinal. Unggulan ke-4, Denis Shapovalov (Kanada, 34 ATP), mengalahkannya dengan skor 5-7, 2-6. Shapovalov akhirnya menjadi juara tunggal putra turnamen tersebut.

Tahun ini karir Sugita memang lumayan menanjak. Ia sudah menggondol dua gelar juara ATP Challenger di Amerika Serikat dan Jepang, dan satu kali menjadi finalis di turnamen setingkat lainnya di China.

Sugita juga mampu menembus babak utama Wimbledon 2019 setelah mencatat tiga kali kemenangan di babak kualifikasi. Di babak pertama babak utama, ia mampu meladeni salah satu "The Big Three", Rafael Nadal (Spanyol) dengan skor 3-6, 1-6, 3-6. Sayangnya di US Open 2019, ia tersingkir di babak kedua kualifikasi.

Dengan pencapainnya di Stockholm, peringkat ATP Sugita minggu ini meroket dari 129 ATP ke 107 ATP. Bila penampilannya konsisten, bukan tidak mungkin ia bisa mencapai atau bahkan melampaui peringkat terbaiknya yaitu 36 ATP yang ia duduki di tahun 2017 silam.

Sementara itu di turnamen lapangan keras VTB Kremlin Cup, ganda putri Jepang Ena Shibahara dan Shuko Aoyama secara mengejutkan tampil sebagai juara ganda putri. Di turnamen yang digelar di kota Moskow itu, mereka unggul atas pasangan unggulan ke-3 Kirsten Flipkens (Belgia) dan Bethanie Mattek-Sands (Amerika Serikat) dengan dua set langsung 6-2, 6-1.

Ena Shibahara (kanan) dan Shuko Aoyama (kiri) ketika tampil di Toray Pan Pacific Open 2019 lalu (sumber: Toray-PPO.com)
Ena Shibahara (kanan) dan Shuko Aoyama (kiri) ketika tampil di Toray Pan Pacific Open 2019 lalu (sumber: Toray-PPO.com)

Ini adalah kejutan ketiga yang dibuat oleh Shibahara dan Aoyama sejak turnamen tersebut digelar pada 12 Oktober 2019 lalu. Kejutan pertama mereka ukir di babak perempat final yang berlangsung pada 17 Oktober 2019 lalu. Mereka menang atas unggulan ke-4 Alicja Rosolska (Polandia) / Darija Jurak (Kroasia) dalam laga tiga set yang melelahkan, 6-2, 6-7(4-7), 10-5.

Keesokan harinya, di lapangan satu Ice Palace Krylatskoy Moskow, lagi-lagi ganda putri Jepang itu mampu bermain bagus. Di babak semifinal, mereka menggulung unggulan ke-2, Gabriela Dabrowski (Kanada) / Katerina Siniakova (Ceko), dengan dua set 7-5, 6-1. Pada akhirnya Shibahara / Aoyama menutup partai puncak ganda putri dengan merebut gelar juara.

Dua minggu sebelumnya mereka juga mencatat hasil apik di Tianjin Open yang digelar di kota Tianjin, China, pada 5-13 Oktober 2019 lalu dengan merebut gelar juara ganda putri. Mereka memenangkan pertandingan All-Japanese Final melawan ganda Jepang lainnya, Miyu Kato / Nao Hibino dengan angka 6-3, 7-5.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x