Mohon tunggu...
Gary Eugene
Gary Eugene Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi: Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

2 Oktober 2022   14:36 Diperbarui: 2 Oktober 2022   14:38 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya Bernama Gary Eugene dengan NPM 6182201046 telat mengikuti Geladi pada 2 Oktober 2022. Di dalam rangakaian acara Geladi ini saya mengerjakan tugas pra Geladi yaitu memaknai lagu Indonesia Raya dan memilih 1 video yang disediakan untuk direfleksikan sesuai dengan pertanyaan. Lalu, saya mengumpulkan tugas -- tugas pra Geladi lewat google form.
Terkait geladi Hominisasi saya dapat merefleksikan diri bahwa ternyata masih ada softskill -- softskill yang belum saya miliki sepert skill presentasi yang baik dan benar, membuat presentasi yang baik dan menarik, dan juga skill public speaking yang cukup memadai. Setelah mengikuti geladi Hominisasi, sangat perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara karena kita diminta untuk sadar akan diri sendiri apa yang kurang dari diri kita dan kita diminta untuk menjadi makhluk yang berbahasa yang baik, lalu makhluk yang dapat berpikir logis, dan juga makhluk sebagai warga yang baik.
Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi adalah saya dapat berpikir kritis seperti dapat mengolah data yang ditemui, saya juga menjadi pribadi yang tidak takut untuk berpendapat karena dengan berani berpendapat saya dapat mengukur kesadaran saya sudah sampai level dimana, apakah sudah dapat berpikir kritis dan baik apakah belum, dan juga saya dapat fokus mengerjakan suatu hal karena kebanyakan orang hanya fokus pada kemasan dari suatu masalah atau hal.
Kemampuan yang saya pelajari dalam geladi Hominisasi yang akan saya terpkan dalam perjalanan kuliah adalah berpikir kritis, lalu saya juga belajar cara menyusun sebuah presentasi, lalu saya belajar cara menyampaikan presentasi, dan saya juga diajarkan detail -- detail kecil dalam presentasi seperti ada SWOT lalu cara membuka dan menutup presentasi. Cara meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara adalah saya harus bersikap kritis terhadap masalah -- masalah yang terjadi disekitar saya maupun di dalam lingkup masyarakat. Saya juga harus bisa mengungkapkan pendapat saya dengan cara yang baik agar aspirasi masyarakat, khususnya diri saya dapat tersampaikan dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun