Di era serba digital ini, kita harus cepat berkembang untuk mengarungi lautan penuh ancaman, agar bisnis yang kita buat dan jalankan sepenuh hati bisa survive dan berkembang. Untuk hal itu ada beberapa hal yang perlu kita pelajari dan terapkan pada bisnis yang kita jalankan, bilamana kita sedang ingin mentransformasikan usaha yang kita jalankan dari konvensional ke digital. Berikut ada 7 hal yang perlu kamu ketahui dan terapkan pada strategi digitalisasi bisnis mu:
1.website atau landing page
Pembuatan website atau landing page sangat berpengaruh pada suatu bisnis, bilamana bisnsi yang dijalankan berbentuk digital. Dikarenakan website memungkinkan jangkauan yang lebih luas, meningkatkan kredibilitas usaha yang kita jalankan, dan promosi secara digital. Untuk pembuatan website itu sendiri kita bisa memulainya dengan software atau aplikasi gratisan, seperti:Â
- Canva.
- Wordpress.
- Medium.
- Tumblr.
2.Email Marketing
3.Media Sosial
Media Sosial berperan sangat penting bagi sebuah bisnis berbasis digital. Dengan adanya media sosial calon custommer akan mampu melihat, menilai, dan bertransaksi secara langsung. Media sosial dapat berupa akun Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan sebagainya. Akun tersebut nantinya akan digunakan untuk menampilkan produk dan promosi dalam bentuk konten video atau poster. Â Â
4.SEO (Search Engine Optimization)
SEO berperan sangat penting pada website dan media sosial bisnis yang kita jalankan, dengan meningkatkan Brand Awareness, trafik onrganik (non ads) pada akun dan website yang kita miliki. SEO berfungsi agar konten dan website yang kita miliki muncul di pencarian pertama. semisal jika saya ingin mencari brand sepatu ardiles di instagram atau google, maka akun atau website yang muncul pertama kali adalah brand tersebut. SEO bisa dilakukan dengan menentukan kata kunci, tagar, dan konten yang dilakukan secara berkesinambungan, yang artinya konten yang dibuat harus dilakukan dengan waktu yang terjadwal, agar platform media sosial yang kita tunggangi menaikkan saran dipencarian secara organik.
5.SEM (Search Engine Marketing)
SEM merupakan cara cepat dari SEO, yang mana kita perlu menggelontorkan sejumlah dana untuk memasarkan akun, konten, atau website yang kita miliki. SEM memiliki hasil yang cepat dan instan, berbeda dengan SEO yang memiliki waktu tak tentu.Â
6.Konten Digital Â
Konten digital merupakan media promosi yang sangat-sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap pemilik usaha, pasalnya konten digital bisa berupa Video, infografis, artikel, poster dan lain-lain. Banyak dari pemilik bisnis membuat konten video di media sosial, untuk menggaet dan menarik calon custommer. konten yang disajikan juga bermacam-macam bentuknya, ada yang professional bahkan ada yang nyeleneh sekalipun.
7.Influencer dan UGC (User Generated Content)Â
Pada poin terakhir, strategi digitalisasi akan berjalan dengan sempurna, apabila usaha yang kita jalankan sudah mampu atau bisa berkolaborasi dengan influencer. Influencer itu sendiri memiliki berbagai macam keunikan tersendiri, yang mana bila kita menempatkan posisi produk kita kepada influenser yang tepat, maka produk yang kita pasarkan akan mendapatkan kenaikan pembelian secara spontan, hal itu disebabkan dari banyaknya follower yang mereka miliki, dan sosial engangement yang tinggi dari akun Influenser itu sendiri. oleh karena itu banyak dari brand-brand besar sekarang lebih memilih mengiklankan produknya di media sosial melalui Influenser, ketimbang mempromosikan produknya di TV, atau papan iklan, menilai harga yang ditawarkan  jauh lebih murah dan lebih optimal dan mampu dihitung dan diperkirakan dalam bentuk angka.
Digitalisasi pada usaha yang kita jalankan adalah suatu keharusan pada zaman kini, semoga dengan menerapkan ke-7 poin tersebut, binsis online anda bisa berkembang dan survive di masa yang sulit ini.Â
semoga membantu sampai jumpa.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI