Mohon tunggu...
wafi muhammad
wafi muhammad Mohon Tunggu... mahasiswa

saya adalah seorang mahasiswa yang sedang mencari pengalaman, dan skill baru.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Buat bisnis mu berkembang dengan menerapkan 7 hal ini!

11 Juni 2025   10:09 Diperbarui: 11 Juni 2025   10:09 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digital Marketing (Sumber: google Image)

Di era serba digital ini, kita harus cepat berkembang untuk mengarungi lautan penuh ancaman, agar bisnis yang kita buat dan jalankan sepenuh hati bisa survive dan berkembang. Untuk hal itu ada beberapa hal yang perlu kita pelajari dan terapkan pada bisnis yang kita jalankan, bilamana kita sedang ingin mentransformasikan usaha yang kita jalankan dari konvensional ke digital. Berikut ada 7 hal yang perlu kamu ketahui dan terapkan pada strategi digitalisasi bisnis mu:

1.website atau landing page

contoh laman website yang saya buat sendiri di wordpress (sumber : https://bakeybakey101.wordpress.com/#)
contoh laman website yang saya buat sendiri di wordpress (sumber : https://bakeybakey101.wordpress.com/#)

Pembuatan website atau landing page sangat berpengaruh pada suatu bisnis, bilamana bisnsi yang dijalankan berbentuk digital. Dikarenakan website memungkinkan jangkauan yang lebih luas, meningkatkan kredibilitas usaha yang kita jalankan, dan promosi secara digital. Untuk pembuatan website itu sendiri kita bisa memulainya dengan software atau aplikasi gratisan, seperti: 

  • Canva.
  • Wordpress.
  • Medium.
  • Tumblr.

2.Email Marketing

contoh email marketing Duolinggo (sumber : duolinggo)
contoh email marketing Duolinggo (sumber : duolinggo)
Mungkin ada sebagian dari kita yang memiliki member anggota dari brand tertentu, yang mana kerap sekali mendapatkan Email promosi dari brand tersebut, fungsi dari Email marketing sebenarnya cukup penting bagi bisnis, untuk memberikan kesan akrab dan intim dengan member anggota, serta sebagai ranah media promosi tidak langsung. Bentuk pesan email yang dikirimkan tidak selalu berupa tulisan saja, bisa kita ragam macamkan dengan proster dan juga kata-kata unik, yang akan membuat custommer tertarik dengan promosi yang kita tawarkan.


3.Media Sosial

Media Sosial berperan sangat penting bagi sebuah bisnis berbasis digital. Dengan adanya media sosial calon custommer akan mampu melihat, menilai, dan bertransaksi secara langsung. Media sosial dapat berupa akun Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan sebagainya. Akun tersebut nantinya akan digunakan untuk menampilkan produk dan promosi dalam bentuk konten video atau poster.   


4.SEO (Search Engine Optimization)

SEO berperan sangat penting pada website dan media sosial bisnis yang kita jalankan, dengan meningkatkan Brand Awareness, trafik onrganik (non ads) pada akun dan website yang kita miliki. SEO berfungsi agar konten dan website yang kita miliki muncul di pencarian pertama. semisal jika saya ingin mencari brand sepatu ardiles di instagram atau google, maka akun atau website yang muncul pertama kali adalah brand tersebut. SEO bisa dilakukan dengan menentukan kata kunci, tagar, dan konten yang dilakukan secara berkesinambungan, yang artinya konten yang dibuat harus dilakukan dengan waktu yang terjadwal, agar platform media sosial yang kita tunggangi menaikkan saran dipencarian secara organik.


5.SEM (Search Engine Marketing)

SEM merupakan cara cepat dari SEO, yang mana kita perlu menggelontorkan sejumlah dana untuk memasarkan akun, konten, atau website yang kita miliki. SEM memiliki hasil yang cepat dan instan, berbeda dengan SEO yang memiliki waktu tak tentu. 


6.Konten Digital  

Konten digital merupakan media promosi yang sangat-sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap pemilik usaha, pasalnya konten digital bisa berupa Video, infografis, artikel, poster dan lain-lain. Banyak dari pemilik bisnis membuat konten video di media sosial, untuk menggaet dan menarik calon custommer. konten yang disajikan juga bermacam-macam bentuknya, ada yang professional bahkan ada yang nyeleneh sekalipun.

Contoh Promosi Digital unik (Sumber: https://www.tiktok.com/@indozone.id/video/7434814681287609621) 
Contoh Promosi Digital unik (Sumber: https://www.tiktok.com/@indozone.id/video/7434814681287609621) 


7.Influencer dan UGC (User Generated Content) 

Pada poin terakhir, strategi digitalisasi akan berjalan dengan sempurna, apabila usaha yang kita jalankan sudah mampu atau bisa berkolaborasi dengan influencer. Influencer itu sendiri memiliki berbagai macam keunikan tersendiri, yang mana bila kita menempatkan posisi produk kita kepada influenser yang tepat, maka produk yang kita pasarkan akan mendapatkan kenaikan pembelian secara spontan, hal itu disebabkan dari banyaknya follower yang mereka miliki, dan sosial engangement yang tinggi dari akun Influenser itu sendiri. oleh karena itu banyak dari brand-brand besar sekarang lebih memilih mengiklankan produknya di media sosial melalui Influenser, ketimbang mempromosikan produknya di TV, atau papan iklan, menilai harga yang ditawarkan  jauh lebih murah dan lebih optimal dan mampu dihitung dan diperkirakan dalam bentuk angka.


Digitalisasi pada usaha yang kita jalankan adalah suatu keharusan pada zaman kini, semoga dengan menerapkan ke-7 poin tersebut, binsis online anda bisa berkembang dan survive di masa yang sulit ini. 

semoga membantu sampai jumpa. 



Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun