Mohon tunggu...
Ganoi Lestari
Ganoi Lestari Mohon Tunggu... Mengenal karena berakal, Mengedukasi dalam nurani.

Konservasi dan Edukasi Dunia Ayam Hobi

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Ciri-ciri dan Informasi Sesat tentang Ayam Ganoi, Saigon Vietnam

30 Mei 2021   22:07 Diperbarui: 31 Mei 2021   15:58 1727 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ciri-ciri dan Informasi Sesat tentang Ayam Ganoi, Saigon Vietnam
ayam Ganoi Saigon Vietnam hawk eye by Nasser Saab (sumber foto: asilclub.spurs)

Hallo sahabat lestari... Apakabar?

Seperti yang kami janjikan pada artikel sebelumnya:

Sejarah Ayam Ganoi atau Saigon atau Vietnam dan Perbedaan Diantaranya

Pada kesempatan kali ini izinkan penulis menjabarkan informasi yang didapatkan dari berbagai sumber yang dikompilasi dan semoga dapat memberikan pemahaman baru bagi pembaca.Tidak ada unsur menggurui atau sok benar, oleh sebab itu jika ditemukan kesalahan atau informasi tambahan terkait topik pembahasan ini dengan senang hati penulis menerima masukan dan saran yang membangun.

Oke, kembali ke artikel... Sebelumnya sahabat dapat melihat gambar ayam jago di atas sebagai wawasan tentang ayam vietnam/ saigon/ ganoi. Terlampir adalah gambar ayam milik breeder asal Amerika keturunan Timur Tengah, Nasser Saab. Nasser sendiri adalah peternak yang cukup dikenal di Amerika dengan berbagai varian jenis ayam seperti Brazilian, Aseel, Viper termasuk Ganoi.

Nah, sahabat semua dapat mengamati dari ujung paruh hingga ujung ekor bagaimana karakteristik ataupun ciri-ciri ayam Ganoi/ Saigon/ Vietnam sebelum nanti kita bahas lebih mendalam.

By the way bagi Anda yang masih bingung apa perbedaan di antara Ayam Ganoi, Saigon dan Vietnam silakan membaca artikel sebelumnya. Jika sudah, maka kita akan sepakat ketika penulis mengatakan Ayam Vietnam, Ganoi maupun Saigon dalam beberapa tulisan kedepan langsung memahami maksudnya.

Sebelum kita membahas ciri-ciri ayam Ganoi, penulis akan mengulas informasi palsu atau sesat yang terlanjur beredar di masyarakat tentang Ayam Ganoi. Dahulu saat ayam asal Vietnam ini baru datang di Indoensia ( import) ternyata ada oknum yang memanfaatkan momen tersebut untuk meraup keuntungan sepihak.

Ayam Gundul Bali/ Ayam Madagascar (Malgache) Sudah gundul sejak lahir.
Ayam Gundul Bali/ Ayam Madagascar (Malgache) Sudah gundul sejak lahir.

Para oknum tersbebut menyulap ayam gundul Bali lalu membuat merk sebagai ayam Saigon. Menyulap disini diartikan dengan cara menyilangkan ayam gundul Bali dengan ayam Bangkok/ BK lokal sehingga keturunannya memunculkan fisik ayam gundul dengan tulangan yang lebih besar dan postur tubuh tegap atletis.

Ayam Gundul Bali, jika dilihat dari posturnya kemungkinan sudah ada sisipan darah ayam BK atau Vietnam. Sumber: Papajihttps://papaji.forumid.net/
Ayam Gundul Bali, jika dilihat dari posturnya kemungkinan sudah ada sisipan darah ayam BK atau Vietnam. Sumber: Papajihttps://papaji.forumid.net/
Maka tak heran dahulu banyak rumor beredar ayam Gundul/ ayam Saigon tidak bagus tadahnya (defensif menerima serangan lawan). Hal ini dibantah oleh kawan penulis yang juga seorang peternak dan pemerhati ayam tangkas, Panji Artmoro. Ia mengatakan, "Ya wajar saja tidak bagus tadahnya karena bahan yang digunakan bukan Saigon/ Vietnam/ Ganoi. Namun ayam gundul bali silangan BK Lokal, fakta ini dapat dibuktikan ke botoh lawas ataupun importir senior. Karena jika memang benar itu berdarah saigon umumnya dari segi tulangan akan solid, tadah otomatis bagus dan pukulan bisasanya dalam ke tulang," ungkapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x