Mohon tunggu...
Galuh Gita Lestari
Galuh Gita Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kembangkan UMKM, Mahasiswa UNDIP Dampingi Pelaku UMKM Memperluas Pasar Usahanya

3 Agustus 2021   17:59 Diperbarui: 3 Agustus 2021   18:09 55 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kembangkan UMKM, Mahasiswa UNDIP Dampingi Pelaku UMKM Memperluas Pasar Usahanya
 (dokpri)

Rangkasbitung (24/07/21) -- Di era digitalisasi ini "memaksa" UMKM untuk lebih melek teknologi dalam memperluas pangsa pasar. Kenampakan usaha di dunia online merupakan keharusan bagi para pelaku UMKM yang ingin usahanya lebih cepat dikenal dan ditemukan oleh calon konsumen.

Di Desa Rangkasbitung Timur tepatnya di RW 03 terdapat UMKM, yang dalam hal perluasan pasar masih kurang. Salah satunya Luvfo_odie Makaroni, yang menjual makanan berupa makaroni dan kriwil yang beraneka rasa. Kondisi ini mendorong Galuh (21), sebagai salah satu mahasiswa UNDIP dalam menjalankan program KKN Tim II UNDIP periode 2021, yakni program "Pendampingan dan Pembuatan Akun Google My Business Pada Pelaku UMKM Sebagai Sarana Perluasan Pasar". Program ini dilaksanakan berdasarkan hasil penelusuran masalah yang dihadapi UMKM serta keinginan pelaku untuk mengembangkan usahanya. Kegiatan dilakukan dengan pendampingan secara langsung dalam pembuatan Akun Google My Business.

Semula Galuh memberikan penjelasan bagaimana pentingnya memasarkan produk untuk perluasan pasar melalui digital, yang dalam hal ini menggunakan fasilitas dari Google, yakni Google My Business. Fitur-fitur yangdiberikan Google My Business sangat bermanfaat bagi pengembangan usaha. Mulai dari profil bisnis dengan informasi yang akurat, memposting foto dan penawaran di profil bisnis untuk menampilkan keunikan usaha, hingga titik lokasi usaha di Google Maps. Sehingga dengan adanya Google My Business dapat membantu promosi usaha, yang kemudian mampu membantu memperluas pangsa pasar nantinya.

Gambar 1. Galuh ketika memberikan penjelasan dan mendampingi pelaku UMKM dalam pembuatan akun Google My Business. (dokpri)
Gambar 1. Galuh ketika memberikan penjelasan dan mendampingi pelaku UMKM dalam pembuatan akun Google My Business. (dokpri)

Setelah memberikan penjelasan, selanjutnya dilakukan pembuatan akun Google My Business untuk UMKM terkait. Untuk pembuatan akun dilakukan langsung oleh pelaku UMKM dengan pendampingan dari Galuh. Sebelumnya Galuh juga telah memberikan leaflet berisi informasi mengenai Google My Business, cara mendaftar hingga bagaimana mengoptimalkan akun Google My Business. Agar ketika pelaksanaan program selesai, pelaku masih bisa mempelajari kembali penjelasan yang telah diberikan.

Dhea, selaku pemilik Luvfo_odie Makaroni, merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. "Terima kasih kepada Mbak Galuh. Dengan adanya program ini, saya dapat pengetahuan baru yang sangat membantu saya. Konsumen saya dapat langsung menelusuri di google dimana lokasi usaha saya, sekaligus melihat informasi maupun penawaran di Google My Business usaha saya." Ujar Dhea. Maka dari itu, dapat disimpulkan dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu perkembangan UMKM, khususnya memperluas pasar usaha.

Penulis: Galuh Gita Lestari/12020118120025/Ilmu Ekonomi
DPL: Nurhadi Bashit, S.T., M. Eng.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN