Mohon tunggu...
Ahmad Gali Prayoga Nasution
Ahmad Gali Prayoga Nasution Mohon Tunggu... FREEDOM

Berikan aku ruang hampa maka akan aku bangun kerajaan imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berutang Demi Gaya Hidup, Tidak Dibayar Maka akan Dibawa ke Akhirat!

8 Agustus 2020   11:22 Diperbarui: 8 Agustus 2020   11:30 33 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berutang Demi Gaya Hidup, Tidak Dibayar Maka akan Dibawa ke Akhirat!
Sumber : Instagram @instahadist.co.id

Di dalam kehidupan ini semua manusia pasti membutuhkan yang namanya uang. Uang memang bukanlah segalanya tapi segala-galanya butuh uang. Jangankan yang miskin, yang kaya raya saja membutuhkan uang. Apalagi di jaman sekarang ini ekonomi semua orang sedang goyang akibat efek dari wabah virus Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Sumber : Instagram @rhymes_indonesia
Sumber : Instagram @rhymes_indonesia

Di saat seperti ini, jika tidak pandai mengatur keuangan maka resikonya sangat berat, maka dari itu manfaatkan lah produk keuangan yang ada agar keuangan aman terjaga. Jika tidak, maka berutanglah salah satu alternatifnya untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari.

Baca juga :
Matinya Kepakaran Medis, Anji Klarifikasi
Demi Adsense Berujung ke Hotel Prodeo?
Lebanon Bersedih! #PrayForLebanon

Utang dapat diartikan sebagai bentuk pinjaman baik itu dari perseorangan ( individu ) ataupun kelompok ( perusahaan ). Utang berbentuk uang ataupun barang sesuai dengan kesepakatan bersama.

Sumber : Instagram @hadimuhammads
Sumber : Instagram @hadimuhammads

Sebenarnya utang piutang sangatlah baik dan penuh manfaatnya bagi semua pihak yang menjalankan utang piutang. Yang meminjamkan mendapatkan pahala dan kebahagiaan hidup karena menolong orang lain, sementara peminjam akan merasa tertolong dan memberikan doa yang terbaik kepada yang meminjamkan utang. Akan tetapi jika itu dilakukan dengan baik oleh kedua belah pihak, jika tidak, malah kegaduhan dan dosa yang didapat.

Sumber : Instagram @hutang_duniawi
Sumber : Instagram @hutang_duniawi

Manusia jaman sekarang banyak yang berutang demi mementingkan kepentingan bergaya nya hanya demi sebuah gengsi, padahal hidup tanpa berutang sangatlah bahagia karena bahagia itu sederhana. Berutang lah pada saat benar-benar membutuhkannya. Janganlah berutang hanya demi memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Baca juga :
Pintu Doraemon Djoko Tjandra Rusak!
Djoko Tjandra Seorang Ninja dan Menguasai Jurus Teleportasi?
Pembelajaran Jarak Jauh Seperti Kisah Cinta yang Berjauhan

Jika berutang maka hindarilah sistem bunga karena sistem bunga di dalam agama Islam adalah haram hukumnya. Namun masih banyak dijumpai orang yang membeli barang, membeli rumah, ataupun barang lainnya dalam sistem kredit dan hal itu dinamakan Riba jika terdapat perhitungan suku bunga. 

Sumber : Instagram @hutang_duniawi
Sumber : Instagram @hutang_duniawi

Di dalam ajaran agama Islam jika seseorang yang meninggal namun masih memiliki utang apapun, maka akan terhalang untuk masuk ke dalam surga. Mengerikan bukan, maka lunasilah segala bentuk utangmu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x