Mohon tunggu...
Galih Wicaksono
Galih Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Pemula

Literasi Generasi

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

StoryPedia: Peran Saka Bhayangkara Polres Wonogiri dalam Lebaran Tahun Ini

12 Mei 2022   17:50 Diperbarui: 12 Mei 2022   18:26 722 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto diambil dari instagram resmi Saka Bhayangkara Polres Wonogiri

Masa libur dan cuti bersama, dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah sudah berakhir beberapa waktu yang lalu. Aktivitas masyarakat dan lalu lintas transportasi, sudah kembali normal seperti hari-hari kerja sebelumnya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, lebaran tahun ini merupakan lebaran pertama di masa pandemi yang boleh dirayakan dengan melakukan pulang kampung atau yang biasa disebut dengan mudik

Setelah 2 tahun lamanya menanti izin mudik, tahun ini seluruh masyarakat yang diizinkan untuk melakukan mudik ke kampung halaman. Momentum tersebut, tentu merupakan suatu momentum dengan euforia yang luar biasa dan harus dilaksanakan dengan penuh perhitungan dan kehati-hatian.

Mudik tahun ini kembali dilaksanakan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam pelaksanaannya, sebagaimana agenda mudik pada tahun-tahun sebelumnya. 

Seluruh pemerintah daerah di Indonesia, melakukan persiapan yang sangat matang dan melibatkan banyak unsur terkait untuk memastikan keamanan, kelancaran, dan kenyamanan mudik yang dilakukan oleh masyarakat. Pemerintah Kabupaten Wonogiri, merupakan salah satu pemerintah daerah yang turut serta mempersiapkan diri menyambut arus mudik lebaran tahun 2022. 

Mulai dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), tenaga kesehatan, dan berbagai unsur masyarakat lainnya turut terlibat dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2022. Namun, pernahkah readers bertemu dan bertanya-tanya tentang siapakah yang berseragam seperti polisi namun menggunakan hasduk pramuka dan terlibat dalam kegiatan pengamanan arus mudik lebaran di Kabupaten Wonogiri tahun ini ?

Teruntuk readers yang melakukan perjalanan mudik dan melewati Kabupaten Wonogiri, mungkin pernah bertemu dengan seseorang yang menggunakan pakaian seperti polisi namun menggunakan hasduk pramuka. Jika iya, maka itu artinya readers bertemu dengan anggota Saka Bhayangkara Polres Wonogiri. 

Saka Bhayangkara Polres Wonogiri sendiri, merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Kabupaten Wonogiri. 

Tahun ini, Saka Bhayangkara Polres Wonogiri merupakan salah satu unsur yang dipercaya untuk terlibat dalam kegiatan Operasi Ketupat Candi 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri. Keterlibatan Saka Bhayangkara Polres Wonogiri dalam Operasi Ketupat Candi Tahun 2022, dimulai dari H-4 lebaran (28 April 2022) hingga H+6 lebaran (8 Mei 2022).

Berdasarkan wawancara yang dilakukan secara daring, antara penulis dengan Fitri (yang merupakan salah satu anggota aktif Saka Bhayangkara Polres Wonogiri). Didapatkan fakta, bahwa Saka Bhayangkara Polres Wonogiri menyiapkan 10 personil setiap hari selama kegiatan Operasi Ketupat Candi Tahun 2022 berlangsung. 

Fitri menjelaskan, bahwa Saka Bhayangkara Polres Wonogiri memiliki 2 titik pengamanan yang berbeda. Dimana pada hari sebelum lebaran, Saka Bhayangkara bertugas di area Pasar Kota Wonogiri hingga Toserba Baru. Sedangkan untuk hari setelah lebaran, Saka Bhayangkara Polres Wonogiri bertugas di Objek Wisata (OW) Waduk Gajah Mungkur.

Kegiatan Saka Bhayangkara Polres Wonogiri, dalam Operasi Ketupat Candi Tahun 2022 dapat readers lihat selengkapnya di akun instagram Saka Bhayangkara Polres Wonogiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan