Mohon tunggu...
Galant Victory
Galant Victory Mohon Tunggu... Wiraswasta - Praktisi Pasar Modal Syariah

Fokus studi di bidang Ekonomi dan Akuntansi, hampir 10 tahun mengenal dunia Pasar Modal, aktif di komunitas Studi Ekonomi Islam sejak duduk di bangku perkuliahan. Kini aktif sebagai analis dan praktisi Pasar Modal Syariah khususnya Saham Syariah.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Jurus Trading Saham Aliran 3 Pedang

9 Maret 2021   08:00 Diperbarui: 9 Maret 2021   08:11 950
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karakter Anime Pengguna 3 Pedang Roronoa Zoro. Source: wallpaperaccess.com

Dulu saya merupakan salah satu penggemar anime yang satu ini, salah satu karakter favorit saya adalah Roronoa Zoro yaitu tokoh yang menggunakan teknik menyerang musuh menggunakan 3 buah pedang. Menurut saya momen ketika ia berhasil mengalahkan musuh sangat keren sekali. 

Jadi penamaan Teknik Trading kali ini hanya istilah saya saja, karna sebetulnya sudah lama ada dan diterapkan oleh banyak trader ataupun investor. Tapi, apapun namanya yang penting esensinya, jika bermanfaat silahkan dicoba, jika punya pendapat lain yang lebih baik silahkan juga, saya dengan senang hati belajar.

Disclaimer dulu, apa yang akan saya sampaikan berikut juga belum tentu teknik terbaik, jadi tidak ada jaminan. Saya cuma ingin membantu pemula yang ingin belajar. Buat para pro trader, bisa skip jika tidak bermanfaat.

Jurus 3 Pedang yang saya maksud dalam trading adalah menggunakan analisa FUNDAMENTAL, TEKNIKAL, dan BANDARMOLOGI secara BERSAMAAN dalam memutuskan Buy atau Sell suatu saham. Bagaimana penerapannya, mari kita bahas satu per satu.

1. ANALISA FUNDAMENTAL
Ketentuan pertama yang digunakan adalah "HANYA TRADING PADA SAHAM YANG BERFUNDAMENTAL BAIK". Memang tidak jaminan saham berfundamental baik itu pasti naik, atau saham fundamental jelek itu pasti tidak bisa untung. Tapi, seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, trading bukan hanya bicara memaksimalkan profit tapi juga meminimalisir resiko. 

Dengan trading di saham berfundamental baik, minimal Anda sedikit lebih tenang jika suatu saat harga saham terjadi penurunan atau koreksi. Cara paling sederhana yang bisa digunakan adalah analisa PER/ PBV, Tingkat Likuiditas Saham, serta kemampuan perusahaan menghasilkan Laba. 

Jika pemula, sangat baik jika Anda memutuskan untuk hanya trading pada saham LQ45 atau JII30. Dan sekali lagi HINDARI DULU trading di saham gorengan meskipun sangat menggoda.

2. ANALISA TEKNIKAL
Jika Anda memutuskan menjadi seorang trader maka wajib menguasai analisa teknikal. Berapa banyak dan Apa saja indikator yang harus digunakan? Tidak ada yang pasti, karna akan menyesuaikan dengan plan dan gaya trading masing2. 

Buat saya pribadi, saya merasa cukup dengan Analisa Patern, Volume, Moving Avarage, dan MACD. Tentu Anda bisa saja gunakan indikator lain yang dirasa lebih cocok. 

Saran saya adalah yang penting konsisten dengan plan dan berlatihlah terus menerus hingga Anda piawai menggunakan indikator tersebut. Seperti kata Bruce Lee "Saya Lebih Takut dengan Orang yang hanya menguasai satu jurus tapi dilatih terus menerus"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun