Di hotel terdapat banyak department-department yang mengatur dan membantu kinerja hotel agar selalu maksimal. Department-department ini saling membantu bagiannya agar tamu di hotel merasa nyaman saat berkunjung ke hotel.
Berikut saya lampirkan department-departement yang ad di hotel:
Front Office Departmend
Front Office ada bagian yang paking depan dalam manjaga citra hotel karena yang paling pertama bertemu langsung dengan tamu hotel. Agar kinerja di Front Office berlangsung secara lancar diperlukan beberapa section. Di Front Office Department terbagi lagi menjadi beberapa section diantaranya: Bellboy/Greeter, Front Desk Attendant / Receptionis, Bell Driver, Guest Relation Officer(GRO),Operator, Night Audit.
Food and Beverage Department
F&B juga terdapat beberapa section dalam ruang lingkupnya yaitu ada: Food and Bevarge product dan Food and Beverage servise
Housekeeping Department
Housekeeping adalah department yang menjaga lingkungan area umum maupun room di hotel tentu bagian ini sangat penting bagi keberlangsungan hotel. Citra hotel sangat berpengaruh dan demi kenyamanan tamu tentu sangat diperlukannya housekeeping . Agar membantu kinerja Housekeeping memelihara area perawatan hotel terdapat beberapa section pembagiannya diantaranya: Â Room Section, Public Area, Section Laundry & Linen Section, Gardener and Florist,Public Area Section, Recreation and Swimming Pool Section setiap hotel tentu memiliki section section berbeda sesuai kebutuhan hotel tersebut.
Accounting Departement
Personalia /HRD Department
Engineering Department
Marketing Department
Purchasing Department
Security Department
Setiap bagian department tersebut tentu sangat berguna bagi keberlangsungan kinerja hotel sehari-hari tidak ada yang lebih penting maupun tidak penting. Biasanya semakin tinggi bintang hotel maka semakin banyak departemen yang mengatur kinerja hotel tersebut.