Mohon tunggu...
Dimas Septian A
Dimas Septian A Mohon Tunggu... Hello

Student

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Bagaimana Dunia Memandang Jurnalisme Online?

12 Februari 2019   06:53 Diperbarui: 15 Februari 2019   05:46 122 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Dunia Memandang Jurnalisme Online?
Sumber : shiksha.com

Jurnalisme online kini telah mendunia. Seluruh negara mulai berpartisipasi dan ikut andil dalam gerakan menyebarkan berita melalui platform dunia maya ini. Mulai dari agensi koran, televisi,hingga radio mulai mengembangkan situs online mereka masing-masing. 

Mindy McAdams memaparkan pandangan dunia atau a global view terhadap jurnalisme online ini. Pandangan ini hadir karena perubahan tersebut tidak hanya terjadi di beberapa negara saja, namun seluruh dunia.

Media online saat ini telah berkembang begitu pesat, seluruh konten baik itu audio, visual dan tulisan kini dapat di akses secara cepat hanya dengan satu klik saja. Semua jenis konten sudah ada di dalam satu wadah sehingga kita tidak perlu mencari-cari lagi website yang berfokus pada satu konten saja.

Hanya dengan meng-klik satu konten berita, kita sudah dapat menikmati konten audio, visual dan teks secara bersamaan. Ini merupakan sebuah kemudahan yang diberikan oleh jurnalisme online modern yang telah mendunia ini.

Sumber : Dok.Pribadi
Sumber : Dok.Pribadi
Contohnya seperti Prambors FM. Radio ini tidak hanya menyajikan konten audio saja namun kini mereka sudah memiliki siaran televisi yakni Prambors TV yang menayangkan tangga lagu yang sedang hits saat ini dan selalu ter-up to date mengikuti siaran radio mereka. Namun Prambors TV ini hanya dapat diakses bagi mereka yang telah berlangganan U See TV, dan juga dapat di akses melalui aplikasi yang mereka sediakan di Google Play

Sumber : Dok.Pribadi
Sumber : Dok.Pribadi
Selain konten yang bervariasi, kini berita juga dapat di agregat. Maksudnya adalah ketika kita menemukan satu berita dari satu redaksi, akan ada rekomendasi berita dari redaksi lain yang muncul di layar kita sehingga kita memiliki banyak pilihan sumber berita hanya dalam satu kali klik saja.

Contohnya seperti Line Today yang menyajikan berbagai konten berita dari berbagai sumber hanya dalam satu platform yang tergabung di aplikasi Line atau web mereka.

Sumber : Dok.Pribadi
Sumber : Dok.Pribadi
Kemudian, berita juga secara otomatis akan di urutkan berdasarkan jumlah pengakses dan berapa banyak klik dari para pengguna internet. Hal ini akan mempermudah penyebaran berita yang sedang ramai dilihat atau diperbincangkan di internet sehingga yang semula tidak tahu kini menjadi tahu akan pemberitaan yang sedang naik daun ini.

Sumber : Dok.Pribadi
Sumber : Dok.Pribadi
Selain itu, berita dari suatu negara tidak hanya akan diberitakan pada negara tersebut, namun akan disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia. Karena penyedian berita sudah mengerti bahwa kompetisi audiens tidak hanya dari dalam negeri saja, namun sudah mendunia. Oleh karenanya, mereka akan membuat konten lokal yang disajikan dengan bahasa internasional agar semua penonton dari seluruh penjuru dunia dapat memahami berita yang mereka siarkan kepada dunia.

Apa arti dari semua yang telah dipaparkan sebelumnya?

- Audiens berita akan memiliki banyak pilihan. Banyaknya penyedia berita dan semua dari berbagai belahan dunia membuat audiens tidak akan dipusingkan ketika ingin mengetahui pemberitaan dari suatu negara atau wilayah mereka masing-masing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN