Mohon tunggu...
Gabriela Valery Romana
Gabriela Valery Romana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TB 1 - Menggali Potensi Diri dan Menerapkan Berpikir Positif serta Komunikasi Efektif

27 September 2022   23:33 Diperbarui: 27 September 2022   23:40 296 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : campuspedia.id

Nama                            : Gabriela Valery Romana

NIM                               : 43221010030 

Dosen Pengampu    : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak 

Mata Kuliah               : Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB 

Universitas Mercu Buana 

Menggali Potensi Diri 

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing dengan istilah “Potensi Diri”. Menurut Prof. Dr. Buchari Zainun, MPA potensi adalah daya yang bersifat positif dalam bentuk kekuatan dan negatif dalam bentuk kelemahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa potensi diri merupakan kualitas yang dimiliki  seseorang untuk  mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan. Hal ini tidak hanya mencakup karakter, kecerdasan intelektual dan emosional, namun juga kesehatan, kinerja fisik, motivasi,  dan keterampilan komunikasi. Dalam meningkatkan kualitas diri, yang pertama dibutuhkan pengenalan pada potensi diri yang ada, kemudian menumbuhkannya, serta mengembangkan kekuatan tersebut.

Sebagai individu yang dilahirkan sebagai pribadi dengan akal budi, tentunya setiap dari kita memiliki potensi ada dalam diri. Entah berupa keahlian dalam bidang komunikasi, intepersonal, problem solving, kepemimpinan, menulis, atau marketing. Potensi diri merupakan kualitas yang dimiliki  seseorang untuk  mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan. Potensi diri tidak hanya mencakup karakter, kecerdasan intelektual dan emosional, tetapi juga kesehatan, kinerja fisik, motivasi,  dan keterampilan komunikasi. Proses manusia dalam meningkatkan kualitas diri pertama-tama membutuhkan pengenalan potensi yang ada, menumbuhkannya, dan mengembangkannya menjadi kualitas yang signifikan dalam diri sendiri

Dalam keseharian kita dalam bermasyarakat, setiap individu memiliki keunikan berbeda yang dapat menjadi sumber daya manusia unggul jika diarahkan secara tepat. Mengapa pengenalan terhadap diri sangatlah diperlukan? Dengan menyadari potensi diri sedini mungkin, akan semakin mudah bagi kita untuk mengembangkan kemampuan yang ada melalui aktivitas atau hobi yang digemari. Sebagai contoh, seorang mahasiswa dapat secara aktif terlibat dalam forum diskusi atau organsisasi kampus dengan mengasah kemampuan public speaking yang dimilikinya. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti ini akan menambah rasa percaya diri dan keyakinan untuk terus belajar.

Menggali dan mengembangkan potensi diri akan menjadi pondasi untuk meraih tujuan. Pengembangan diri merupakan suatu usaha individu guna memenuhi kebutuhan aktualisasi diri (Maslow). Kebutuhan manusia, juga mencakup adanya kebutuhan aktualisasi, sehingga pengembangan diri sangatlah diperlukan dalam elemen kehidupan manusia. Menigkatkan self knowledge atau pengetahuan diri akan memperluas wawasan yang kita miliki dalam meraih tujuan di masa mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan