Mohon tunggu...
Funpol
Funpol Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Tumbuh dan Menggugah

Selanjutnya

Tutup

Politik

Suara PPP Pecah, Partai Klaim Dukung Ganjar tapi Kader Justru Berlabuh ke Prabowo

31 Mei 2023   22:13 Diperbarui: 31 Mei 2023   22:16 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: antaranews.com

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah mengalami dilema dalam strategi pengarahan suara untuk pemilu 2024 mendatang. Dari hasil musyawarah, partai berlambang kab'bah tersebut oleh elite mengklaim hasinya mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi bakal calon dan merapat ke PDIP.

Namun, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menemukan fakta yang berbeda. LSI mendata bahwa hanya 28,7 persen pemilih PPP untuk mendukung Ganjar.  Bagaimana dengan sisanya?

Suara PPP justru berlabuh pada Prabowo Subianto sebesar 48,4% dan pemilih ke Anies sebanyak 20,8%. fenomena tersebut disampaikan oleh peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa.

"Meski dukungan partai sudah ikut bergabung di koalisi Ganjar dengan PDIP, tetapi dilihat dari pemilihnya paling banyak dukung malah ke Prabowo," terang Ardian Sopa dalam lansiran Republika Online.

Gerbong PPP ke Ganjar Kopong?

Penulis mengamati, bahwa kendaraan PPP tidak menjadi penentu bahwa kader akan ikut menjadi penumpang dalam pemilihan Ganjar Pranowo.

Ada beberapa hal yang perlu diamati, yakni pertama terkait integritas hasil musyawarah. Perlu diamati apakah hasil dari pertemuan akbar tersebut benar-benar dari aspirasi dan keputusan bersama kader PPP. Jangan- jangan, ada kepentingan beberapa elite yang justru memaksakan partai untuk mengarah ke PDIP.

Kedua, Perubahan dinamis yang dilakukan kader setelah musyawarah melihat dan mengamati perkembangan dari beberapa bakal calon Presiden. Sehingga, Prabowo menjadi pilihan mayoritas bedasarkan pengamatan, bukan sekedar acuan keputusan musyawarah.

Bagaimana, sahabat Funpol. Apakah Anda melihat pola yang sama? Dengan berbagai update terbaru politik, justru mengarah dukungan mayoritas ke Prabowo Subianto?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun