Mohon tunggu...
Fulkan Kurniawan
Fulkan Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SEL (social-emotional learning) dan CASEL (Collaborative academic social-emotional learning)

21 Januari 2025   01:46 Diperbarui: 21 Januari 2025   01:46 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan

Perkembangan sosial dan emosional adalah bagian integral dari pembelajaran yang mendalam dan sukses. Selain keterampilan akademik, keterampilan sosial-emosional yang baik sangat penting bagi kesejahteraan dan kesuksesan jangka panjang siswa. Social-Emotional Learning (SEL) dan Collaborative Academic Social-Emotional Learning (CASEL) adalah dua konsep penting yang bertujuan untuk mendukung perkembangan ini di dalam konteks pendidikan. Keduanya berfokus pada bagaimana anak-anak dapat belajar untuk mengelola emosi, membangun hubungan yang positif, membuat keputusan yang bijak, serta berperan aktif dalam masyarakat.

1. Social-Emotional Learning (SEL)

Social-Emotional Learning (SEL) merujuk pada proses di mana anak-anak dan orang dewasa belajar untuk memahami dan mengelola emosi mereka, mengatur diri sendiri, membangun hubungan yang positif, dan membuat keputusan yang sehat. SEL membantu individu untuk berfungsi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Ada lima kompetensi utama dalam SEL yang perlu dikembangkan:

- Kesadaran Diri (Self-Awareness): Kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi, nilai-nilai pribadi, dan kekuatan serta kelemahan diri.

- Pengelolaan Diri (Self-Management): Kemampuan untuk mengendalikan emosi, perilaku, dan motivasi dalam berbagai situasi, serta mengatur diri untuk mencapai tujuan.

- Kesadaran Sosial (Social Awareness): Kemampuan untuk memahami perspektif orang lain, merasakan empati, dan menghargai keragaman.

- Keterampilan Relasi (Relationship Skills): Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan positif dengan orang lain, serta mengelola konflik dengan cara yang konstruktif.

- Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making): Kemampuan untuk membuat pilihan yang baik, berdasarkan pertimbangan yang bijaksana terhadap konsekuensi jangka panjang, nilai-nilai pribadi, serta dampaknya terhadap orang lain.

Penerapan SEL di sekolah dapat membantu siswa dalam mengelola tantangan emosional, membentuk sikap positif terhadap diri mereka sendiri dan orang lain, serta memupuk keterampilan yang berguna dalam kehidupan sosial dan akademik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun