Pengertian progresivisme
Progresivisme berasal dari kata progres yang berarti (kemajuan), aliran yang menginginkan kemajuan secara cepat. Jadi progresivisme ini menginginkan adanya kemajuan karna sebuah kemajuan itu akan membawa perubahan. Menurut john s prubkers, aliran progresivisme ini bermuara pada aliran pragmatism  dan di perkenalkan oleh William james dan john dewey yang menitik beratlan pada sebuah kehidupan yang bersifat praktis.
Dalam filsafat pendidikan progresivsme ini menekankan  bahwa pendidikan bukan hanya tentang memberi pengetahuan kepada peserta didik akan tetapi juga berisi beragam aktivitas dan adanya kemampuan untuk berfikir bagi para peserta didik. Di dalam pendidikan progresivisme memandang peserta didik mempunyai akala dan kecerdasan peserta didik diberi kebebasan dan sebisa mungkin mengambil kejadian yang ada di sekitanrnya(pengalaman).
Pandangan aliran progresivisme dalam belajar
Menurut aliran progresivisme belajar itu berasal dari sebuah asmsi manusia seutuhnya yang mempunyai potensi untuk berkembang dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Jadi menurut aliran progresivisme belajar di fokuskan kepada peserta didik, bagaimana cara mereka beradaptasi di saat proses belajar mengajar berlangsung, kemampuan yang dimiliki peserta didik, dll.
Guru juga bisa memberi lesempatan kepada peserta idik untuk belajar secara mandiri agar peserta didik mengetahui potensi dan kemampuanyang mereka miliki, peserta didik juga bisa belajar dari pengalaman yang terjadi, guru juga harus memberi motivasi kepada peserta didik agar peserta didik lebih semangat dalam belajar, guru juga bisa melibatkan peserta didik untuk aktif dalam mengikuti kegiatan agar peserta didik terbiasa aktif dalam setiap hal yang positif.
Tokoh-tokoh filsafat progresivisme
William james
Menurut james fungsi otak dan pikiran dipelajari dari alam, dan berhubungan dengan alam melalui sebuah ide-ide yang telah dipikirkan oleh manusia.
John dewey
Dewey sekolah di perguruan tinggi untuk mempelajari filsafat, dewey tidak hanya ahli di bidang filsafat akan tetapi ia juga ahli di dalam berbagai bidang, menurut dewey sekolah adalah cerminan dari padannya, progresivisme murupakan intervensi atau terjemahan yang dapat dihubungkan pada sebuah intervensi tahap awal.