KETIKA PENDIDIKAN MENJADI PRIVILEGE: POTRET KETIMPANGAN DARI DESA KE KOTA
Frika Prasetia
Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Siliwang
E-mail: frikaprasetia32@gmail.com
                                                                                                                                               Abstrak
Pendidikan sejatinya berfungsi sebagai sarana untuk mencapai kesetaraan sosial dan meningkatkan mobilitas ekonomi masyarakat. Namun, kenyataanya di Indonesia  terdapat paradoks yang mencolok, dimana pendidikan menjadi cerminan kesenjangan antara wilayah pedesaan dan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan penyebab kesenjangan pendidikan, serta menganalisis implikasinya terhadap keadilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis literatur, data kebijakan, dan temuan penelitian sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan pendidikan dipengaruhi oleh perbedaan akses infrastruktur, kualitas guru, dukungan ekonomi keluarga, dan penggunaan teknologi pembelajaran. Masyarakat perkotaan mempunyai kesempatan belajar yang lebih baik  dibandingkan masyarakat pedesaan, yang masih mempunyai keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan untuk meratakan sumber daya, meningkatkan keterampilan pendidik, dan mengembangkan teknologi pendidikan yang telah diterapkan pada kearifan lokal agar pendidikan dapat benar-benar berperan sebagai sarana perubahan sosial.Â
Kata Kunci: (Ketimpangan,wilayah, keadilan, faktor penyebab, dan solusi)
 Abstrac                             Â
Education is supposed to serve as a means to achieve social equality and increase economic mobility. However, in Indonesia, there is a  striking paradox, where education reflects the gap between rural and urban areas. This study aims to examine the froms and causes of educational inequality,  and analyze its implications for social justice.  This study uses a qualitative descriptive approach by analyzing literature, policy data, and previous research findings. The research findings indicate that educational inequality is influenced by differences in access to infrastructure, teacher quality, family  economic support, and the use of learning technology. Urban communities have better   learning opportunities than rural communities, which still have limited resources. Therefore, policies are needed to equalize resources,  improve educator skills, and develop educational technology  that  has been applied to local wisdom so that education can truly play a role as a  vehicle for social change.                                Â
 Kata kunci: (inequality, territory, justice, causal factors, and solutions)
 Pendahuluan                                                                Â