Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Jurnalis - Blog Pribadi: www.tafenpah.com

Blog Pribadi: WWW.TAFENPAH.COM | Instagram: Suni_Frederikus | Email : Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Muda Berkelana, Tua Bercerita

27 Juni 2022   12:30 Diperbarui: 5 Juli 2022   09:46 528 24 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kebersamaan di tanah rantau. Dokpri

Muda berkelana tua bercerita, bukan hanya berisikan rangkaian perjalanan yang begitu-begitu saja. Melainkan, perjalanan kemanusiaan yang dibalut dengan spirit reflektif. Tujuannya kita bisa menemukan jati diri kita dan untuk apa kita dilahirkan - Fredy Suni

Setiap kelahiran, tentunya punya tujuan. Namun, untuk menemukan tujuan tersebut, kita pun kerap harus mencari. Salah satu jalan pencarian bagi setiap orang adalah melakukan perjalanan.

Perjalanan dalam menemukan versi terbaik diri kita, terutama bagi pelajar adalah sesuatu yang penting. Akan tetapi, realita di tanah rantau, tidaklah seindah drama sinetron FTV.

Karena ada suka dan duka yang harus kita jalani selama di negeri asing. Inilah siklus kehidupan yang terkadang kita ingin mengingkarinya.

Filsuf Friedrich Nietzsche mengatakan kecenderungan terbesar dalam diri kita adalah mencari kesenangan, dan kita pun berusaha untuk menghindari rasa sakit.

Rekan-rekan mahasiswa IlmuKomunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Dokpri
Rekan-rekan mahasiswa IlmuKomunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Dokpri

Memang benar adanya. Karena sesuai dengan pengalaman saya selama 8 tahun di tanah rantau, saya pun selalu bersentuhan dengan dua siklus di atas.

Namun, sebagai pelajar, tentunya saya harus berusaha untuk tetap bertahan (survive) dalam kondisi apa pun. Meskipun pancaran sinar mataku membohongi semesta, namun semua itu saya lakukan hanya untuk mencari ilmu.

Kenangan bersama rekan-rekan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Dokpri
Kenangan bersama rekan-rekan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Dokpri

Dinamika pencarian ilmu di tanah rantau, tentunya setiap orang punya takaran tertentu. Karena kisah perjalananku, belum tentu sama dengan rekan seperjuanganku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan