Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... www.tafenpah.com

Singgah ke- www.tafenpah.com Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Fresh Graduate Juga Butuh Ruang Ekspresi

13 April 2021   23:36 Diperbarui: 14 April 2021   00:18 107 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fresh Graduate Juga Butuh Ruang Ekspresi
Fresh graduate akan berkembang, bila berada di tangan pemimpin visioner. Pexels

Fresh Graduate akan berkembang, bila ia berada pada ruang yang tepat. Pemimpin yang visioner akan memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk mengaplikasi ilmu yang ia miliki. Sebaliknya, pemimpin yang anti segala sesuatu, akan mengebiri potensi dari fresh graduate.

Tapi fakta di lapangan hingga kini, perusahaan masih mencari karyawan yang sudah punya segudang pengalaman bukan fresh graduate. Alasannya sangat sederhana yakni, mudah beradaptasi dan diharapkan untuk menggenjot trafik penjualan dari perusahaan.

Bagaimana pun karyawan yang sudah di-back up dengan segudang pengalaman berawal dari fresh graduate. Bila perusahaan tak memberi kesempatan kepada fresh graduate, bagaimana regenerasinya?

Segala sesuatu itu mengalir dan berjalan begitu saja. Karyawan yang sudah memiliki segudang pengalaman pun berpotensi untuk berpindah tempat kerja.

Mengapa karyawan yang memiliki segudang pengalaman mudah berpindah tempat kerja? Karena ia menganggap dirinya dibutuhkan oleh perusahaan lain. So, untuk apa takut dengan karir ke depan? Secara logika nakal kurang lebih seperti ini.

Lalu, bagaimana perusahaan mempertahankan karyawan lamanya? Jalan satu-satunya adalah memberikan fasilitas pendukung bagi kelancaran karyawan dalam bekerja.

Selain itu, pemimpin perusahaan pasti tak mudah melepas karyawan yang memiliki potensi dalam memajukan perusahaan. Cara apapun pasti dijalani, demi mempertahankan karyawan seniornya. Bila sudah terjadi seperti ini, amplop coklat dari ribuan fresh graduate pun hanya numpang dan menetap di tong sampah. Miris dan inilah realita yang terjadi dalam lingkungan kerja.

Mari kita melihat sisi positif dan negatif, mengapa perusahaan wajib merekrut fresh graduate.

Kelebihannya:

Fresh graduate memiliki potensi untuk menjadi aset berharga bagi perusahaan. Tatkala karyawan senior sudah menginjak masa pensiun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN